Biografi Stephen Hawking

oleh -119 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Stephen Hawking adalah salah satu ilmuan ternama di dunia. Memiliki nama Asli Stephen Wilia Hawking namun beliau lebih dikenal dengan sebutan Stephen Hawking. (Robi)

Penasaran dengan sepak terjang salah satu selebriti di bidang science tersebut? Yuk langsung aja simak boigrafi dari ilmuan penemu teori big bang tersebut.

Profil Stephen Hawking

Lahir pada 8 Januari 1942 di Oxfordshire, Britania Raya. Ibunya Isobel Hawking adalah lulusan Oxford dan ayahnya Frank Hawking adalah seorang peneliti medis. Hawking bersekolah di St. Albans, di mana dia adalah siswa yang luar biasa, Kecemerlangannya jauh lebih jelas dari tahun ke tahun di Universitas Oxford, Dia berspesialisasi dalam fisika dan lulus dengan pujian kelas satu meskipun relatif kurang rajin. Pada tahun 1962, ia melanjutkan pendidikannya di Cambridge University, mengejar gelar Ph.D. dalam kosmologi.

Pada usia 21, setahun setelah memulai program doktornya, Hawking menderita penyakit amyotrophic lateral sclerosis. Diprediksi Hawking hanya akan bisa bertahan hidup selama dua tahun, Namun Siapa sangka, ia melampaui prediksi tersebut. Bahkan, ia tetap bisa mambuat pemikiran-pemikiran Luar biasa, Penyakitnya tidak mematahkan keinginan Hawking untuk mengeksplorasi alam semesta. Selama kariernya, Hawking mencoba menguak misteri alam semesta, Ia telah menulis bahwa prognosis ini membantu memotivasi dia dalam pekerjaan fisika. Namun, penyakit ALS yang Hawking alami bukan tanpa dampak. Ia perlahan-lahan kehilangan kemampuannya untuk bergerak dan harus memakai kursi roda. Pada tahun 1985, Hawking harus menjalani operasi trakeostomi yang membuatnya kehilangan kemampuan untuk berbicara. Untungnya, sebuah alat yang di buat oleh Cambridge University membantunya untuk berkomunikasi. Hawking bisa memilih kata-katanya hanya dengan menggerakan otot pada pipi.

Karena pikirannya yang luar biasa dalam fisika, Ia mendapatkan rasa hormat di seluruh dunia sebagai komunikator sains, prestasinya sendiri sangat mengesankan. Selain seorang Ilmuwan, Hawking juga Seorang Penulis buku. Buku pertamanya yang rilis pada 1988 dengan judul A Brief History of Time telah terjual lebih dari 10 juta eksemplar. Dalam buku tersebut, Hawking mencoba mengomunikasikan pertanyaan-pertanyaan tentang kelahiran dan kematian alam semesta.

Teori Big Bang:

Selama hidupnya, Hawking sering memberikan ramalan mengenai masa depan. Salah satunya pada tahun 2017, ia pernah meramalkan bahwa bumi tidak akan layak jadi tempat tinggal lagi pada 2600. Menurut Hawking, sekitar 13,8 miliar tahun yang lalu, seluruh dunia masih dalam ukuran sebuah atom. Bola atom itu dikenal juga sebagai singularitas, yang di dalamnya menyimpan energi panas yang akan meledakkan dirinya hingga terjadi Big Bang. Ledakan besar yang terjadi pada 13,7 miliar tahun lalu itu dipercaya merupakan awal perjalanan seisi alam semesta. Tidak bisa dijelaskan bagaimana detailnya yang terjadi sebelum Big Bang. Hal ini tentu masih menjadi misteri bagi kita semua, karena kebenaran Big Bang pun masih sering menjadi perdebatan.

Hawking tidak percaya adanya Tuhan:

Hawking menegaskan diri sebagai seorang ateis, alias tidak percaya Tuhan. Berbagai komentar Hawking yang menafikan agama selalu muncul dari waktu ke waktu. Seperti pada 2011 dia mengatakan bahwa “tidak ada Tuhan. Kita bebas meyakini apa yang kita mau dan dalam pandangan saya penjelasan paling sederhana adalah tidak ada Tuhan. Tidak ada yang menciptakan alam semesta dan tidak ada yang mengatur takdir kita. Mungkin tidak ada surga, dan tidak ada akherat,”

Juga dalam pembukaan bukunya yang yang berhasil Hawking tulis bersama Leonard Mlodinow “The Grand Design 2010” “Tuhan tidak ada. Karenanya, tak ada Tuhan dalam pembentukan alam semesta. Tuhan, tidak menciptakan alam ini,”

Kematian Stephen Hawking:

Hawking meninggal dunia pada usia 76 tahun tanggal 14 Maret 2018 di rumahnya Cambridge, Britania Raya. Abunya ditempatkan di Westminster Abbey London dekat dengan peristirahatan terakhir Isaac Newton dan Charles Darwin.

SC : Facebook

One thought on “Biografi Stephen Hawking

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.