Dampak Radiasi Nuklir Bagi Kesehatan

oleh -92 views
source: https://taipanpokerlounge.com/

ZETIZEN RADAR CIREBON- Badan Nuklir dan Kementerian Dalam Negeri Ukraina mengatakan bahwa terdapat peningkatan tingkat radiasi dari Chernobyl setelah dikuasai oleh pihak Rusia. Pada Tahun 1986 Chernobyl pernah mengalami ledakan pada reaktor nuklir nomor 4 yang menewaskan lebih dari 30 orang dan banyak orang karena efek radiasi dari dalam jangka waktu yang lama. (IND)

Nuklir menjadi sumber energi yang memiliki dampak besar bagi manusia salah satunya menjadi pembangkit listrik. Namun, nuklir memiliki dampak buruk dan bahkan mematikan bagi manusia karena paparan radiasinya. Apa saja bahaya radiasi nuklir bagi kesehatan?

Rusaknya jaringan kulit

Dampak bahaya radiasi ini bagi manusia dapat menyebabkan kerusakan jaringan pada kulit. Kulit akan terasa seperti terbakar dan kulit juga akan mengelupas. Selain itu, paparan radiasi ini dapat merusak jaringan kulit pada kepala yang dapat menyebabkan kebotakan permanen.

Radang Paru-Paru

Paru-paru merupakan salah satu organ dalam tubuh yang sensitif terhadap paparan radiasi. Akibat dari radiasi ini, paru-paru dapat mengalami pneumonitis dan peradangan paru-paru yang dapat menyebabkan sesak nafas, batuk dan perasaan penuh di bagian dada.

Gangguan sistem pencernaan

Radiasi nuklir dapat membuat gangguan sistem pencernaan seperti mual, muntah, hingga sakit perut. Kerusakan ini dapat menyebabkan pendarahan pada perut yang berlangsung selama berhari-hari.

Kanker

Banyak studi menyebutkan, orang yang terpapar radiasi ini dapat mengalami resiko terkena kanker seperti kanker kulit, kanker darah, kanker paru-paru, kanker tulang, kanker otak dan masih banyak lainnya.

Kematian

Dampak paling mematikan dari bahaya radiasi nuklir adalah kematian. Kematian ini diakibatkan dari sel-sel pada tubuh yang rusak yang berpengaruh terhadap kerusakan sumsum tulang belakang. 

Tubuh tidak dapat mampu melawan infeksi dan penyakit yang kemudian dapat merenggut nyawa manusia.

sumber: suara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *