Dark Triad Personality! Mengenal Jenis Kepribadian

oleh -169 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Psikolog telah mengidentifikasi tiga ciri yang membentuk “Dark Triad” yang terdengar menyeramkan: narsisme, Machiavellianisme, dan psikopati. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi tiga ciri dari dark triad, mengidentifikasi perilaku yang terkait dengan masing-masing sifat tersebut, dan melihat bagaimana pengaruhnya terhadap kehidupan. (herdi)

Apa itu Dark Triad?

The Dark Triad adalah ungkapan yang mungkin tidak pernah Anda dengar di tempat kerja, tetapi ini adalah salah satu “kata kunci” di dunia psikologi. Ini mengacu pada tiga ciri kepribadian yang berbeda tetapi terkait: narsisme, Machiavellianisme, dan psikopati.

  • Narsisme: narsisme berasal dari mitos Yunani tentang Narcissus, seorang pemburu yang jatuh cinta dengan bayangannya sendiri di genangan air, dan tenggelam. Orang yang narsis bisa menjadi egois, sombong, arogan, kurang empati, dan hipersensitif terhadap kritik.
  • Machiavellianisme: kata itu berasal dari politisi dan diplomat Italia abad ke-16 yang terkenal, Niccolo Machiavelli. Dia mendapatkan ketenaran ketika bukunya tahun 1513, “The Prince,” ditafsirkan sebagai dukungan seni gelap licik dan tipu daya dalam diplomasi. Sifat-sifat yang diasosiasikan dengan Machiavellianisme termasuk bermuka dua, manipulasi, kepentingan diri sendiri, dan kurangnya emosi dan moralitas.
  • Psikopati: ciri-ciri kepribadian yang terkait dengan psikopati termasuk kurangnya empati atau penyesalan, perilaku antisosial, dan menjadi manipulatif dan mudah berubah. Penting untuk dicatat bahwa ada perbedaan antara sifat psikopat dan menjadi psikopat, dengan asosiasi yang umum dipegang dengan kekerasan kriminal.

Bagaimana Mengelola Orang Dengan Ciri-ciri Dark Triad

Ini adalah area yang kompleks dan tidak ada jawaban yang mudah. Psikolog berpengalaman menekankan bahwa ada banyak seluk-beluk dan gradasi tipe kepribadian, dan perilaku yang terkait dengannya dapat berubah dari hari ke hari.

Mengatasi Kemarahan

Jika Anda menghadapi masalah kemarahan seseorang yang sedang berlangsung, jauhkan diri Anda secara emosional dari perilakunya, dan cobalah untuk mengidentifikasi penyebab kemarahannya dengan teknik bertanya dan mendengarkan secara aktif .

Menghadapi Penindasan

Terkadang kemarahan bisa meluap menjadi intimidasi. Pada tingkat yang sederhana, ini dapat mencakup pelecehan verbal atau perilaku mengancam, tetapi seringkali bisa lebih halus dan mencakup kritik yang tidak perlu, meremehkan seseorang, atau menyebarkan desas-desus jahat .

Jika Anda melihat intimidasi di lingkungan Anda, mendukung korban sama pentingnya dengan menghadapi si penindas dan meminta pertanggungjawabannya.

Menghadapi Manipulator

Jika Anda menantang orang yang manipulatif, jelaskan secara spesifik tindakan apa yang Anda lihat dan bagaimana tindakan itu merugikan yang lain. Jelaskan bahwa perilaku mereka harus berubah, dan pertimbangkan kesepakatan kinerja untuk meminta pertanggungjawaban mereka.

Mengatasi Narsisme

Orang-orang dengan ego besar sering kali tidak berharap untuk ditantang, jadi berdirilah di tempat Anda dan penuhi klaim atau tuntutan mereka dengan argumen tandingan yang kuat. Hal ini juga berguna untuk menempatkan mereka dalam situasi di mana mereka bergantung pada kerja sama rekan kerja. Hal ini dapat meningkatkan rasa hormat dan pengertian.

Membangun Keterampilan yang Anda Butuhkan untuk Mengatasinya

Mungkin sulit untuk mengelola banyak dari perilaku negatif ini, terutama jika Anda tidak merasa percaya diri dalam menghadapi konflik . Tetapi ada beberapa cara Anda dapat meningkatkan keterampilan Anda di bidang ini. Misalnya, Anda bisa belajar untuk lebih tegas.

Dan ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan kemampuan Anda sendiri untuk memahami orang lain dan mengenali keadaan emosi dan perspektif mereka. Anda dapat meningkatkan “keterampilan orang” Anda dengan membangun empati dan kecerdasan emosional , dan menyadari bahasa tubuh orang .

Sumber: Mindtools

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.