Dewa Keberuntungan dalam Mitologi Jepang (Part 1)

oleh -276 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Dalam mitologi Jepang terdapat keyakinan pada kelompok dewa yang sangat terkenal bernama Shichi Fuku Jin yang berarti tujuh dewa keberuntungan atau kemakmuran. Meski kebudayaan Jepang kini sudah modern, namun ketujuh dewa-dewi ini tidak masyarakatnya lupakan dan tetap mereka hoormati sebagai sejarah kebudayaan dan kepercayaan. Seperti apakah tujuh dewa keberuntungan itu, berikut ini melansir berbagai sumber. Yuk, langsung tengok ke bawah!

1. Ebisu

7 Dewa Keberuntungan dalam Mitologi Jepang, Siapa Saja?

Ebisu merupakan satu-satunya dewa asli asal Jepang dalam kelompok tujuh dewa ini. Ia adalah dewa keberuntungan dan kekayaan laut yang konon merupakan dewa para pengusaha, pebisnis dan para nelayan karena dapat membawakan kemakmuran dalam berusaha.

Dewa ini ialah anak dari Daikoku yang merupakan dewa kemakmuran juga. Ebisu digambarkan sebagai pria berbadan gemuk yang membawa seekor ikan atau alat pancing.  Itulah mengapa masyarakat Jepang mempercayai Dewa ini adalah dewa yang dapat mendatangkan tangkapan ikan yang melimpah bagi para nelayan.

2. Benzaiten

7 Dewa Keberuntungan dalam Mitologi Jepang, Siapa Saja?

Dewi Benzaiten atau Benten adalah satu-satunya dewi di kelompok tujuh dewa keberuntungan. Benzaiten merupakan dewi buddhis yang berasal-usul dari dewi Sarasvati di India. Ia adalah dewi musik, seni, dan kecerdasan. Dewi Benten terkenal sebagai dewi yang pencemburu namun juga dewi yang mewakili sukacita.

Ia digambarkan sebagai seorang dewi yang cantik, membawa alat musik Biwa (Kecapi Jepang) dan tubuhnya dilingkari oleh ular putih. Selain itu, Benzaiten adalah dewi pelindung bagi para seniman dan entertainer. Benten juga melambangkan air yang melinduingi para pelajar. Terdapat kuil untuk pemujaan Dewi ini di Enoshima.

3. Fukurokuju

7 Dewa Keberuntungan dalam Mitologi Jepang, Siapa Saja?

Yang selanjutnya, Dewa Fukurokuju. Menurut kepercayaan masyarakat Jepang, Ia dapat mendatangkan kamakmuran dan umur yang panjang. Dari namanya sendiri Fuku berarti kebahagiaan, Roku berarti kekayaan, dan Ju berarti panjang umur. Fukurokuju merupakan pelindung bagi para atlet dan tukang jam.

Ia sering digambarkan selalu bersama burung bangau atau kura-kura. Bertubuh tinggi karena kepalanya yang besar dan panjang. Matanya besar berjenggot putih dan berpakaian seperti seorang sarjana di Tiongkok pada zaman dulu.

4. Jurojin

7 Dewa Keberuntungan dalam Mitologi Jepang, Siapa Saja?

Yang terakhir adalah Jurojin. Jurojin adalah dewa kebijaksanaan yang berasal dari Tiongkok. Merupakan biksu Tao yang membawa tongkat dengan bungkusan yang di ikatkan di ujungnya. Konon hal tersebutlah yang mendatangkan kebijaksanaan. Masyarakat Jepang bercaya bahwa Jurojin mampu mendatangkan umur yang panjang.

Jurojin sering digambarkan bersama seekor rusa. Ia juga merupakan dewa pemabuk dan gemar bermain wanita. Namun Jurojin merupakan dewa pelindung bagi kaum intelek seperti guru, ilmuwan, dan dosen. Terkadang dewa Jurojin dan Fukurokujo sering tertukar oleh orang-orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.