Dewa Keberuntungan dalam Mitologi Jepang (Part 2)

oleh -213 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sebelumnya kita sudah membahas 4 Dewa Keberuntungan dalam Mitologi Jepang (Part 1). Di artikel berikut, masih ada 3 Dewa lainnya yang termasuk dalam Shichi Fuku Jin. KIra-kira siapa saja, ya? Yuk, langsung saja simak artikel di bawah ini.

1. Bishamonten

7 Dewa Keberuntungan dalam Mitologi Jepang, Siapa Saja?

Bishamonten adalah dewa perang yang aslinya dari India bernama Vaisravana. Namun Bishamonten ini sering disalah artikan sebagai dewa perang lho, sebenarnya ia merupakan dewa misionaris buddhis.

Bishamon berwajah garang, selalu memakai baju zirah dan membawa pedang anti marabahaya. Bishamon memiliki tubuh tinggi berjenggot, membawa pagoda dit angannya sebagai lambang kepercayaan dan memiliki seorang utusan yaitu seekor penguin.

Bishamonten merupakan dewanya para dokter, tentara dan biksu karena mampu mendatangkan kebahagiaan, kekayaan dan ketulusan. Selain itu, masyarakat juga percaya bahwa Bishamon dapat membuat iblis menjauh.

2. Hotei

7 Dewa Keberuntungan dalam Mitologi Jepang, Siapa Saja?

Dewa Hotei terkenal dengan nama julukan “dewa gemuk” selain itu ia juga kerap dijuluki Budha ketawa. Hotei adalah dewa dari titisan Bodhisatva Maitreya, seorang biksu yang pernah mendatangi daratan Tiongkok.

Ia berpenampilan seperti pengemis, bertubuh gempal, dan berkepala gundul. Hotei selalu tersenyum riang, membawa tas besar dan merupakan pembawa keberuntungan. Ia sejatinya adalah pelindung bagi anak-anak dan nelayan.

Patung dewa Hotei dapatkamu temukan di sejumlah negara seperti Jepang, Vietnam, Thailand, dan juga India. Di Jepang sendiri patungnya dapat kalian temukan di Kamakura.

3. Daikokunten

7 Dewa Keberuntungan dalam Mitologi Jepang, Siapa Saja?

Daikokuten juga adalah dewa yang serupa dengan dewa kematian asal India bernama Mahakala. Banyak masyarakat menganggap bahwa Daikokunten dewa perang, namun sebenarnya ia adalah dewa kekayaan dan kemakmuran.

Daikokuten memiliki tubuh pendek menggunakan pakaian Tiongkok, berkaki kecil dan berjenggot. Ia juga membawa palu emas dan kantung sebagai lambang bahwa daikokuten adalah dewa pelindung bagi pengusaha, pengrajin, dan orang yang bergelut di bidang keuangan. Selain itu Daikokuten juga dipercaya merupakan pemburu hantu.

Itulah dia dewa keberuntungan di Jepang yang paling terkenal. Semuanya merupakan dewa-dewi yang dapat mendatangkan keberuntungan. Favorit kamu yang mana nih? (cva)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *