Apa yang Akan Terjadi jika Bumi berhenti Berputar

oleh -89 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bumi tempat kita tinggal selalu memiliki hal hal menarik yang selalu dapat kita bahas. Sejak kita masih belajar di sekolah dasar kita sudah belajar mengenai tempat kita tinggal saat ini. Seperti yang kita tahu bumi adalah planet yang selalu berputar. Namun, pernahkah kalian berpikir apa yang akan terjadi seandainya planet tempat kita tinggal ini berhenti berputar?

Bumi terus berputar layaknya gasing, bahkan meski kita tidak dapat melihat, menyentuh, mendengar, atau merasakannya. Namun, apa yang akan terjadi jika planet tempat kita tinggal ini tiba-tiba berhenti berputar?

Efek jika Bumi Berhenti Berputar

Banyak peneliti berpikiran dampak paling buruk dari bumi yang tiba-tiba berhenti berputar yakni akan merobek permukaannya. Jika itu benar terjadi, bisa menjadi bencana bagi semua penduduk di planet ini.

“Ini hanya sebuah eksperimen pemikiran. Tidak ada kekuatan alam yang akan menghentikan bumi berputar, berputar sejak terbentuk,” kata James Zimbelman, ahli geologi senior emeritus di Smithsonian’s National Air and Space Museum di Washington, DC.

Bumi melakukan satu putaran penuh pada porosnya setiap 23 jam, 56 menit, dan 4,09053 detik. Ini berarti daratan yang kita injak selama ini bergerak sekitar 1.770 km per jam dengan kecepatan rotasi menurun menjadi nol pada kutub.

Lantas jika planet ini tiba-tiba berhenti, momentum sudut yang diberikan ke udara, air, bahkan bebatuan di sepanjang khatulistiwa akan terus bergerak dengan kecepatan 1.770 km per jam ini.

Kondisi ini bisa diibaratkan seperti sebuah motor yang bergerak konstan pada kecepatan 100 km per jam, namun tiba-tiba menabrak mobil yang terparkir di depannya. Meski motor terhenti, penumpang dan pengemudi saat itu pasti akan terlempar ke depan akibat momentum.

“Salah satu dasar fisika adalah kekekalan momentum sudut. Begitu sesuatu berputar, Anda harus mengerahkan kekuatan yang sama [dalam arah yang berlawanan] untuk menghentikannya berputar,” ucap dia.

Bumi tiba-tiba berhenti tentu menghasilkan bencana yang akan dirasakan semua umat manusia. Menurut laporan itu jika planet tiba-tiba berhenti, semua yang ada di atasnya baik laut, udara, maupun daratan, semuanya akan terlempar bersamaan ke timur, di mana itu arah dari putarannya.

Nah sobat zetizen sekian dulu pembahasan kita soal bumi. Nantikan artikel menarik lainya hanya di zetizen yah.

SC : Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.