Fakta Sosok Mitologi di Balik Karakter Kurama

oleh -111 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Buat kamu para penggemar anime Naruto pasti sudah tidak asing dengan sosok Kurama. Kurama dalam digambarkan sebagai biju yang berwujud rubah berekor sembilan. Bagi masyarakat Jepang, makhluk mitologi yang berwujud rubah ini disebut dengan Kitsune. Makhluk mitologi Jepang ini erat kaitannya dengan sosok rubah yang memiliki beragam versi legenda atau kepercayaan dari negara asalnya.

Kitsune merupakan salah satu jenis youkai. Youkai adalah makhluk gaib yang memiliki daya tarik dan beragam bentuk. Untuk mengenal lenih jauh tentang kitsune, kuy cek artikel di bawah ini!

1. Perdebatan tentang asal-usulnya

Beberapa masyarakat percaya bahwa rubah berekor ini adalah sosok mitologi yang bukan berasal dari Jepang. Hal ini lantaran kemiripan legendanya dengan cerita rakyat tentang rubah dari negara tetangga. Kalian yang sudah menonton drama Korea My Roommate is a Gumiho, Tale of the Nine-tailed, atau Gu Family Book tentu tidak asing dengan sosok Gumiho yang digambarkan sebagai siluman rubah berekor sembilan yang dapat berubah menjadi manusia.

Menurut naskah Nihon Riyakki (abad 16) sosok Kitsune berasal dari Jepang, dan sudah hidup berdampingan dengan masyarakat zaman lampau. Di Jepang sendiri, sosok rubah ini merupakan entitas yang baik dan berbeda dengan mitologi dari negara lainnya.

2. Bisa berubah wujud menjadi sosok wanita

Konon, Kitsune dapat berubah bentuk menjadi sosok seorang wanita cantik. Masyarakat Jepang percaya, bila ada wanita cantik yang berjalan tanpa arah ketika matahari sudah terbenam, itu adalah sosok Kitsune yang sedang menjelma.

Perubahan wujud Kitsune konon hanya bisa terjadi saat usianya sudah memasuki 100 tahun atau 50 tahun. Namun, seiring berjalannya waktu, Kitsune dipercaya bisa berubah wujud tidak hanya sebagai wanita saja.

3. Memiliki kemampuan merasuki manusia

Masyarakat Jepang percaya Kitsune memiliki kekuatan supranatural sehingga bisa merasuki manusia. Selanjutnya, Kitsune lebih sering merasuki wanita muda dengan bermacam alasan. Sebagai contoh, karena ingin balas dendam atas perilaku manusia yang tidak ia sukai.

Bahkan, Kitsune juga dianggap sebagai siluman yang berbahaya seperti halnya yang ditulis oleh F. Hadland Davis dalam bukunya, Myths and Legend of Japan. Efek dari kerasukan Kitsune ini sangat beragam dan tentunya merugikan bagi manusia.

4. Dua Jenis Kitsune

Secara garis besar, Kitsune dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu Yako dan Zenko. Yako merupakan Kitsune yang memiliki kepribadian buruk. Mereka melakukan tindakan yang merugikan manusia seperti mencuri barang, merusak reputasi, dan menjebak orang. Sasaran dari kenakalan Yako bisa mereka yang tidak bersalah atau bahkan mereka yang memiliki perangai buruk.

Sementara itu, Zenko merupakan jenis Kitsune yang baik. Mereka adalah pelayan Dewi Inari. Dewi Inari merupakan dewi kesuburan atau pertanian dalam kepercayaan masyarakat. Mereka membantu perselisihan antar manusia dan Yako, membawa kebahagiaan, dan juga kebijaksanaan bagi manusia.

5. Tidak hanya Naruto, beberapa anime Jepang juga terinspirasi dari sosok ini

Makhluk mitologi ini telah banyak menginspirasi pembuatan karakter dalam anime. Misalnya, dalam anime yang berjudul Gugure!-Kokkuri-san, sosok rubah tercermin dalam karakter Kokkuri. Kokkuri merupakan makhluk berwujud rubah yang berhasil dipanggil oleh Kohina. Kokkuri diceritakan sebagai sosok yang merawat Kohina karena khawatir akan gaya hidupnya yang kurang sehat.

Beberapa anime yang lain yang juga terinspirasi dari Kitsune adalah Wagaya no Oinari-sama (Our Home’s Fox Deity), Gingitsune (Gingitsune: Messenger Fox of the Gods), dan Inari, Kon Kon, Koi Iroha (Inari Kon Kon).Itulah beberapa informasi singkat mengenai Kitsune, makhluk mitologi di balik sosok Kurama yang ada di anime Naruto. Tahu judul anime lain lagi yang menampilkan makhluk ini? (cva)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *