,

Fakta Unik Lamprey, Si Vampir Laut Penyelamat Manusia

oleh -246 views
Fakta-uni-lamprey-si-vampir-laut-penyelamat-manusia
Dijuluki sebagai vampir laut sebab, Lamprey ini suka sekali menyedot darah dari kan lain namun, tidak begitu menakutkan bagi manusia.

ZETIZEN RADAR CIREBON – Vampir di dunia nyata memang pernah ada. Makhluk yang suka menghisap darah dan takut akan paparan sinar matahari. Selain di dunia manusia, ternyata ada juga salah satu biota laut yang memiliki kelakuan yang seperti vampir bernama ikan lamprey. (tezz)

Memiliki nama latin Petromyzon Marinus, ikan lamprey merupakan biota laut tak berahang dari spesies minoritas famili nuridae. Ikan yang satu ini di kenal dengan sebutan ikan vampir karena dapat menghisap darah. Hal ini membuat ikan Lamprey satu ini cukup menakutkan.

Ciri-ciri lamprey

Ikan satu ini memiliki 3 bagian tubuh yaitu atas caput (kepala), truncus (batang tubuh) dan cauda (ekor). Memiliki bentuk tubuh yang memanjang silinder dengan ekor yang pipih. Tidak memiliki sisik.

Pada bagian ujung kepala yang mengarah ventral terdapat bentuk mangkuk yang di sebut buccal funnel yang tepinya di lengkapi dengan papil-papil lunak dan di dalamnya terdapat gigi-gigi zat tanduk. Papil – Papil lunak tersebut sebagai alat perasa. Dengan adanya gigi memungkinkan lamprey dapat melekat dan memarut badan ikan lain.

Ikan Lamprey untuk usia dewasa memiliki panjang sekitar 1,2 meter. Kemudian beratnya mencapai 2,3 kilogram. Cukup besar untuk seukuran ikan.

Baca juga:

Habitat lamprey

Ikan lamprey termasuk ikan yang sulit di temukan. Meski di katakan jarang namun, ikan lamprey bisa hidup di seluruh wilayah perairan tawar kecuali di perairan Afrika. Dulu sempat beredar pada wilayah sungai di Inggris.

Populasi mereka sangat banyak akan tetapi, pada saat revolusi industri dan pembangunan pabrik sehingga mengganggu ekosistem dan tingkat kualitas air rusak yang berakibat lamprey perlahan-lahan menghilang menurut Simon Toms, ahli perikanan dari Inggris.

Ikan Lamprey juga bisa hidup di bawah iklim tropis dan subtropis. Bahkan ikan ini juga bisa di jumpai di kawasan laut lepas dan juga pantai. Sikluas hidup dari ikan Lamprey seringkali di sebut dengan anadromus.

Artikel selanjutnya ada di halaman berikutnya…

Baca lainnya juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.