,

Fakta Unik Alpine Ibex, Si Kambing Pemanjat Tebing Dari Gunung Alpen

oleh -226 views
Alpine Ibex sangat berbeda dari kambing yang kita temui di peternakan. Kambing satu ini merupakan pemanjat yang handal, serta tangkas yang berasal dari gunung Alpen.

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kambing merupakan hewan ternak yang sering kita temui di pedesaan Indonesia. Namun, berbeda di Pengunungan Alpen yaitu di Swiss, terdapat kambing liar yang memiliki keunikan tersendiri. Tidak seperti kambing yang pada umumna sobat lihat, kambing liar  ini memiliki kemampuan untuk memanjat tebing yang terjal dan berbatu dengan gesit. Kambing ini dikenal sebagai Alpine ibex. Ingin tahu lebih banyak seputar Kambing pemanjat ini ? Yuk, simak kumpulan fakta berikut ini. (tezz)

Alpine Ibex merupakan spesies kambing liar yang hidup di Pegunungan Alpen di Eropa yang bertepat di negara Swiss yang akan memiliki medan bebatuan dan memiliki bukit-bukit hijau yang luas dan sejuk.

Ciri-ciri Alpine Ibex

Alpine ibex (Capra ibex) adalah spesies kambing gunung liar yang memiliki tanduk melengkung yang besar dari keluarga Caprinae. Pada ibex jantan, tanduk mereka bisa tumbuh sepanjang 70-140 cm.

Sedangkan pada ibex betina, tanduk berukuran sedikit lebih pendek, lebih tipis dan melengkung sedikit lebih ke belakang. Tanduk ini juga berguna untuk mempertahankan diri dari predator seperti serigala, rubah, dan lynx.

Ibex dapat tumbuh hingga panjang sekitar 1,5 meter. Tingginya sekitar 1 meter. Beratnya sekitar 122 kg, Ibex jantan biasanya lebih besar dan lebih berat daripada betina dan memiliki janggut. Ibex memiliki bulu pendek yang  bervariasi dalam warna dari coklat kemerahan di musim dingin hingga abu-abu kecoklatan di musim panas. Ibex jantan memiliki janggut di dagunya. Hewan-hewan ini juga sangat kuat dan gesit, yang memungkinkan mereka untuk melompati rak.

Habitat Alpine Ibex

Alpine ibex hidup di dataran terjal di antara garis tanah dan salju di atas hutan alpine di Pegunungan Alpen Eropa. Hewan ini cenderung menempati habitat yang terjal dan berbatu pada ketinggian antara 2.000 – 4.600 meter di atas permukaan laut.

Perilaku Ibex

Ibex hidup dalam kelompok yang terdiri dari 10-20 individu. Memanjat hingga ketinggian ekstrem merupakan teknik pertahanan ibex agar predator tidak dapat mengikuti mereka ke daerah yang paling curam. Dan seperti kebanyakan kambing, ibex menyemprot diri mereka dengan air kencingnya sendiri yang memberinya bau badan yang kuat yang bersumber dari animal corner.

Baca juga: Fakta Unik Burung Great Potoo, Si Buruk Rupa Yang Pandai Menyamar

Melakukan Diet

Ibex adalah herbivora dan makanan utamanya adalah rumput, bunga, ranting, dan lumut. Ibex juga kadang makan daun di pepohonan.

Pada musim dingin yang mana rumput dan semacam makanan yang disukai oleh Ibex membeku, kering dan mulai langka, Ibex biasanya memilih tinggal di dataran rendah. Dan saat musim panas tiba, ibex akan mencari sumber air yang dapat diandalkan karena mereka perlu minum air setiap saat.

Baca lainnya juga:

Mengenal Gurita Dumbo Penghuni Lautan Dalam

Kisah Seorang Anak SMA Yang Mempunyai Kekuatan Aneh, Sinopsis Gleipnir (2020)

Mengenal Cerita dari Raja Kutukan Ryomen Sukuna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.