,

Fakta Unik Kadal Armadillo Girdled, Spesies Kadal Yang Mirip Naga Di Era Sekarang

oleh -221 views
Kadal Armadillo yang tengah bermalas-malasan di aquascape
Kadal Armadillo Girdled. Kadal yang mirip dengan naga namun tidak berbahaya yang ada di film maupun game. Sebab, bisa dipelihara

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kadal merupakan hewan dari kelompok reptilia bersisik berkaki empat dan sangat luas persebarannya serta sering kita jumpai di lingkungan rumah yang masih asri akan alam liarnya. Kadal yang sering kita lihat biasanya merupakan kadal dar suku Scincidae atau kita sebut kadal kebun. Di belahan dunia lain ada spesies kadal yang unik. Kadal satu ini mirip dengan makhluk mitologi naga berkaki empat bernama kadal armadillo. Penasaran dengan kadal satu ini? Yuk, simak penjelasan berikut. (tezz)

Alasan dinamai kadal armadillo

Dikutip dari lama p2k.unkris. Kadal armadillo girdled dengan memiliki nama latin Cordylus cataphractus. Di sebut kadal armadillo sebab, kadal ini menyerupai dengan armadillo karena kemampuannya menggulung diri hingga menyerupai bentuk bola untuk melindungi diri.

Habitat si girdled

Habitat kadal ini menempatai daerah pesisir pantai, sungai, dan padang rumput yang sedikit tandus. Hewan ini bisa ditemukan di Pantai barat Afrika, Sungai Orange di bagian utara mencapai Pegunungan Piketberg di selatan, dan di Matjiesfontein di barat Karoo Basin, Afrika Selatan.

Memiliki sisik berduri di sekujur tubuh

Ketika tubuhnya ingin menggulung seperti bola, deretan sisik yang disebut osteodermate berduri yang meliputi babak leher, badan, ekor, sampai kaki menghalangi predator lain menduduki atau menelan kadal girdled. Posisi ini juga dapat melindungi babak bawah kadal tubuhnya yang lembut, yang merupakan kawasan yang paling rentan.

Baca juga: Fakta Unik Kumbang Assasin, Si Penyergap Yang Mematikan

Ciri-ciri kadal satu ini

Tubuh kadal armadillo girdled berwarna coklat kekuningan.Babak belakangan dan babak bibir tubuhnya berwarna cokelat gelap, dan di babak bagian tubuhnya kebanyakan berwarna oranye. Warna ini juga sebagai bentuk kamuflase dari serangan predator.

Tubuh yang ramping serta memiliki beberapa gimmick jika ada predator

Kadal ini mempunyai ukuran kepala dan ekor yang nyaris sama sehingga memungkinkan sebagai menyelip di celah-celah bebatuan. Kemudian,  kadal ini juga mempunyai kemampuan sebagai memutus ekornya sendiri (autotomi) ketika dalam bahaya, dan dapat tumbuh kembali perlahan-lahan.

Serta  yang terakhhur yaitu rahang mereka sangat kuat. Dalam pertarungan, mereka dapat memutuskan babak badan yang kecil dari musuhnya. Mereka terkadang juga memutar tubuh mereka masa mereka menggigit sebagai menambah luka pada tubuh lawan.

Baca lainnya juga:

Predator Cantik Dari Sungai Amazon

Fakta Sulitnya Minyak Goreng di Indonesia

Tradisi Menyambut Ramadan Di Berbagai Negara (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.