FIA Gelar Rapat Luar Biasa Tentang Dampak Invasi Rusia

oleh -46 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Invasi Rusia ke Ukraina yang masih terus berlangsung memberi dampak kepada aspek lain di luar politik. Salah satunya adalah dunia olahraga. FIA selaku federasi balap mobil mengatakan bahwa World Motor Sport Council bakal menggelar rapat luar biasa untuk menanggapi situasi yang terjadi saat ini. Rencananya rapat tersebut akan digelar pada Selasa (1/3/2022).

1. Konflik Rusia dan Ukraina menimbulkan sanksi dari federasi olahraga kepada Rusia

Konflik yang terjadi antara Rusia dan Ukraina menimbulkan sanksi dari beberapa federasi olahraga. Beberapa keputusan pun harus mereka ambil untuk menyikapi kondisi antara kedua negara.

UEFA dan FIFA telah mengumumkan pelarangan untuk tim serta timnas Rusia bertanding di level Eropa dan dunia. Sementara itu, BWF mengeluarkan larangan pengibaran bendera Rusia dan Belarusia pada turnamen mana pun yang berada di bawah persetujuan BWF. Formula 1 sendiri telah mengeluarkan pernyataan bahwa GP Rusia tidak mungkin akan terlaksana dalam situasi konflik seperti saat ini.

2. FAU meminta FIA mencabut lisensi pembalap dari Rusia dan Belarusia

Menanggapi situasi yang saat ini yang masih bergejolak, presiden FIA yang baru terpilih, Mohammed Ben Sulayem, mengirimkan surat dukungan kepada Ukrainian Automobile Federation (FAU). Ben Sulayem mengatakan kepada Presiden FAU, Leonid Kostyuchenko, untuk mengontaknya jika membutuhkan.

Dalam surat balasan, FAU meminta pihak FIA mencabut lisensi pembalap Rusia dari ajang balap internasional. Ini sebagai “balasan” atas tindakan Rusia yang melakukan invasi terhadap Ukraina yang menimbulkan kerusakan dan korban jiwa.

Atas permintaan anggota FAU, FIA meminta kepada untuk:

  • Melarang penggunaan simbol negara Rusia dan Belarusia pada kompetisi FIA
  • Tidak boleh ada penyelenggaraan kompetisi resmi FIA yang berlokasi di wilayah Rusia dan Belarusia
  • Melarang kompetisi RAF (Russian Automobile Federation) di wilayah Ukraina
  • Mengeluarkan semua anggota dari Federasi Rusia dan Belarusia dari FIA
  • Mengeluarkan semua orang yang mewakili organisasi dari Federari Rusia dan Belarusia dari FIA Commissions
  • Melarang semua pemegang lisensi RAF dan BAF dari kompetisi di luar Federasi Rusia dan Belarusia.

3. FIA gelar pertemuan luar biasa, hasil akan mereka umumkan setelah rapat

Sementara itu, FIA mengeluarkan pernyataan terkait invasi Rusia dan Ukraina. Terdengar kabar bahwa World Motor Sport Council akan menggelar pertemuan untuk mendiskusikan masalah terkait dengan kondisi saat ini.

“Sebuah pertemuan luar biasa World Motor Sport Council akan kami adakan besok (Selasa) untuk mendiskusikan masalah yang berkaitan dengan krisis yang saat ini terjadi di Ukraina. Perkembangan lebih lanjut akan kami rilis setelah pertemuan,” bunyi pernyataan resmi FIA mengutip dari Racing News 365.

Pertemuan luar biasa yang akan mereka selenggarakan merupakan wujud dari penerapan pasal 1.2 dalam statuta FIA. Dalam pas 1.2 tertulis bahwa badan pengatur harus menyuarakan perlindungan hak asasi manusia dan menahan diri dari hal-hal yang berkaitan dengan diskriminasi.

4. Haas copot logo Uralkali, nasib Nikita Mazepin kini di ujung tanduk

Dampak dari adanya invasi Rusia ke Ukraina juga sudah merembet ke Formula 1. Uralkali sebagai sponsor utama Haas resmi dicopot dari bodi mobil VF-22 pada hari terakhir tes pramusim di Barcelona, Spanyol.

Sementara itu, Formula 1 juga sudah menurunkan GP Rusia dari kalender balap musim 2022. Kini, nasib Nikita Mazepin yang memperkuat Haas masih menjadi tanda tanya.

Mazepin merupakan pembalap di bawah lisensi RAF. Rapat luar biasa World Motor Sport Council bukan tidak mungkin menjadi penentu apakah Nikita Mazepin masih bisa berkompetisi pada musim ini atau tidak.

5. Ferrari juga bisa kena imbas akibat konflik Rusia dan Ukraina

Tak hanya Haas yang terkena getah dari konflik Rusia dan Ukraina, Ferrari pun bisa kena imbas dari kondisi panas yang saat ini masih berlangsung. Salah satu sponsor mereka, yakni Kaspersky Labs, berasal dari Rusia.

Sementara itu, Robert Shwarzman selaku pembalap cadangan tim berjuluk Kuda Jingkrak di Formula 1 itu juga posisinya terancam. Sebab, ia berasal dari Rusia dan memiliki lisensi dari RAF itu sendiri. Mari kita tunggu apa keputusan dari rapat luar biasa yang akan ini. (cva)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *