Film Road to Berlin: Ditinggal Mati oleh Sang Eksekutor

oleh -133 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- On the Road to Berlin (Doroga na Berlin (dalam bahasa Rusia), alias Road to Berlin) adalah sebuah film tahun 2015 yang disutradarai oleh Sergei Popov. (IND)

Terlepas dari judulnya, karakter dalam cerita tidak sedang menuju Berlin dan bahkan menuju ke arah lain. Film ini berlatar di bagian selatan Front Timur Perang Dunia II, saat Jerman menyerang, dalam serangan yang pada akhirnya akan berakhir di Stalingrad. Sergey Ogarkov adalah seorang letnan muda berwajah mulus yang pada awal cerita, membawa perintah ke markas tentara. Sayangnya untuk Sergei, Jerman keluar dari hutan dan menyerbu lokasinya. Sergei selamat dan kabur, tetapi ketika ia tertangkap oleh orang-orangnya sendiri, ia tertuduh sebagai orang yang pengecut dan meninggalkan tugasnya sehingga ia mendapat hukuman mati.

Saat ia menunggu eksekusinya, Sergei mendapatkan penjagaan oleh Prajurit Dzhurbaev. Ia bukan seorang etnis Rusia tetapi seorang Kazakh dari Asia Tengah. Dzubarev jugalah yang akan mengeksekusi hukuman mati untuk Sergei. Perintah itu harus mendapat persetujuan dari markas besar tentara, jadi Pvt. Dzhurbaev mendapat tugas untuk mengawal Sergey kembali ke markas. Tetapi Jerman sedang dalam pawai dan Tentara Merah sedang mundur. Sehingga Sergei dan Dzhurbaev akhirnya melakukan pawai lintas negara yang sulit dan mengerikan dengan berjalan kaki selama perang.

Sergei berulang kali mencoba untuk kabur, akan tetapi ia tak sampai hati meninggalkan Dzubarev. Sergei tahu, jika ia kabur Dzubarev lah yang akan mendapat hukuman karena melalaikan tugas. Saat dalam perjalanan, Dzhubarev meninggal dunia karena terkena serangan udara Jerman. Sergei merasa kehilangan karena eksekutornya itu telah menjadi sahabatnya dan kini telah tiada.

Yang menjadi istimewa dari film ini adalah kebaikan dari Sergei Ogarkov. Walaupun iya sudah dekat dengan kematiannya dan ia hanya menjadi korban kesalah pahaman ia tetap berbuat baik bahkan kepada sang eksekutornya.

Seperti itulah gambaran cerita dari film Road to Berlin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *