Food Plating A La Chef Profesional? Gini Caranya!

oleh -78 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pastinya kamu sudah tak asing lagi demgan hidangan yang tersaji cantik dan indah apabila mampir ke restoran ataupun menonton acara masak-memasak. Kreasi hidangan cantik tersebut bernama food plating. Karya food plating ialah cara menata dan menyajikan hidangan dengan memerhatikan posisi dan komposisi dari hidangan tersebut. (cva)

Teknik ini dilakukan agar hidangan yang tersaji terlihat memiliki estetika dan cita rasa yang tinggi. Tak heran jika food plating ini identik dilakukan oleh para chef profesional. Namun, sekarang tak hanya kelas chef profesional saja yang bisa membuat hidangan terlihat lebih artistik. Kamu juga bisa, lho! Penasaran, bagaimana cara menyajikan hidangan penuh seni? Intip tipsnya dibawah ini, yuk!

1. Pilih wadah yang tepat untuk food plating

Hidangan Jadi Cantik, Intip 6 Tips Food Plating Biar Semahir Chef 

Jika kamu ingin belajar teknik ini, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih wadah yang tepat. Walaupun terkesan mudah dan sederhana, kamu harus bisa memilih wadah yang bisa merepresentasikan hidangan tersebut. Pilihlah wadah yang sesuai dengan fungsinya, sehingga akan memudahkanmu untuk menyajikan hidangan tersebut. Misalnya, jika kamu menyajikan ikan bakar maka gunakanlah fish plate. Jangan menggunakan piring lain atau malah mangkuk, lho ya.

Bukan hanya itu, kamu juga harus memperhatikan ukuran wadah. Sebaiknya, ukuran piring sesuai dengan porsi hidangan sehingga terlihat presisi dan tak meninggalkan banyak ruang kosong. Kemudian, warna dari wadah ada baiknya menggunakan warna putih agar tampilan garnish tampak menarik dan menggugah selera makan.

2. Tata porsi dan komposisi hidangan

Hidangan Jadi Cantik, Intip 6 Tips Food Plating Biar Semahir Chef 

Kemudian, potonglah bahan makanan dengan tepat dan presisi. Kamu harus mengatur makanan yang akan dihidangkan sesuai dengan porsinya. Pada bagian ini, kamu harus mengatur porsi hidangan agak tidak terlihat terlalu penuh dan semua elemen harus seimbang.

Selain hal di atas, kamu juga perlu menata komposisi hidangan agar dapat mengundang decak kagum. Pertama, urutkan komposisi

Kemudian, kamu juga perlu menata komposisi hidangan, nih, agar saat disajikan mengundang decak kagum. Pertama, urutkan komposisi hidangan dari yang basah, lembap, atau berkuah. Taruh bagian tersebut lebih dulu baru makan yang cukup padat agar penyajian makanan stabil. Agar hidangan makin indah dan terlihat expert, kamu bisa mempelajari trik visual yang menampilkan hidangan dengan jumlah unik alias ganjil asimetris.

3. Sesuaikan garnish pada food plating

Hidangan Jadi Cantik, Intip 6 Tips Food Plating Biar Semahir Chef 

 

Bagiuan paling menarik dari food plating adalah memberi hiasan atau garnish. Pemilihan garnish yang sesuai akan membuat tampilan hidanganmu memiliki daya tarik tersendiri.

Dengan saus, selai, atau cokelat cair, kamu sudah bisa membentuk garnish yang sederhana tapi memikat. Misal, membentuk titik-titik atau garis pada piring yang tersedia. Kalau kamu sudah cukup mahir, kamu meningkat kemampuan memoles garnish-mu dengan menambahkan beberapa bahan lain seperti peterseli, oregano, cokelat batangan. stroberi, serpihan kacang, atau biskuit.

Tak hanya sekadar hiasan, tapi garnish-mu juga bisa dimakan. Jadi, garnish-nya tidak terbuang begitu saja. 

4. Susun hidangan sesuai arah jarum jam

Hidangan Jadi Cantik, Intip 6 Tips Food Plating Biar Semahir Chef 

Jika kamu kesulitan menyusun hidangan dan tak tahu harus mulai dari mana, kamu bisa memulainya dari menaruh hidangan utama di tengah lalu susun hidangan hiasan sesuai dengan arah jarum jam. Tips ini memudahkan kamu ketika ingin menentukan dan mengatur hidangan di atas piring, agar makan terlihat selaras dan tampak seimbang. 

Misalnya, kamu ingin menyajikan hidangan utama dengan komposisi sajian yang terdiri dari karbohidrat, protein, dan sayuran. Kamu bisa memisahkannya berdasarkan waktu jam. Gunakan tips ini sebagai alternatif kamu agar tidak bingung meletakan hidangan. 

5. Variasikan bentuk hidangan pada food plating

Hidangan Jadi Cantik, Intip 6 Tips Food Plating Biar Semahir Chef 

Tidak hanya mengandalkan garnish untuk mempercantik hidangan, kamu juga bisa memvariasikan bentuk hidangan menjadi sebuah hal yang indah atau melukiskan sebuah objek tertentu sehingga sedap dipandang. 

Bentuk hidangan yang bervariasi dan unik ini biasanya sering digunakan kala menyajikan hidangan untuk anak-anak. Penyajian yang menarik akan membuat anak-anak tertarik untuk mencobanya. Contohnya, sayur brokoli yang bisa kamu potong menyerupai hidung manusia atau susunan wortel berbaris agar tampak seperti rambut. Jadi, tidak terlihat membosankan. 

6. Sajikan hidangan dalam kondisi bersih

Hidangan Jadi Cantik, Intip 6 Tips Food Plating Biar Semahir Chef 

Terakhir, perhatikan kebersihan dari hidangan yang hendak kamu sajikan. Biasanya saat melakukan food plating, kamu lupa melihat apakah ada percikan saus yang tumpah di atas piring atau bahan garnish yang kurang rapi. Walaupun terkesan sepele, hal-hal semacam ini dapat mengurangi keindahan dari hidangan. Kejelian dan kebersihan menjadi kunci utama dari finishing food plating

Jika terdapat noda saus, kamu bisa membersihkannya terlebih dahulu. Usahakan untuk membuat piring dalam kondisi bersih ketika menyajikan hidangan. Ini menjadi salah satu nilai penting yang akan memengaruhi hasil akhir dari food plating-mu, lho. 

Itulah tadi beberapa tips food plating yang bisa kamu jadikan panduan untuk mempercantik hidangan. Tertarik untuk mencoba food plating? Yuk, praktikan langsung biar kamu makin mahir seperti chef profesional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *