Hati-hati dengan Sikap Overproud!

oleh -82 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Siapa sih yang tak kenal dengan istilah overproud? Overproud memiliki konotasi yang negatif, pasalnya sikap overproud merupakan perasaan semata yang sering membanggakan sesuatu secara berlebihan dan tidak sebagaimana mestinya. (Susan)

Beberapa kasus overproud yang sering kali kita jumpai biasanya terdapat pada seseorang yang membanggakan suatu pencapaian kecil, sosok paras, ras, bahkan ekonomi sampai prestasi.

Baca juga : Ini 5 Kelebihan yang Hanya Dimiliki Para Overthinker!

• Penggolongan Overproud

Meski overproud memiliki konotasi yang negatif, tak sepenuhnya overproud adalah suatu sikap yang negatif pula. Overproud dibagi menjadi 2, yakni :

  1. Healthy Overproud
    Health overproud, merupakan perasaan membanggakan sesuatu hal yang sifatnya lebih ke arah positif. Sehingga dapat mendorong motivasi pada diri sendiri dan juga orang lain yang terkena dampaknya menjadi ikut positif akibat perasaan health overproud yang dimiliki orang ini.
  2. Toxic Overproud
    Toxic overproud, merupakan perasaan membanggakan sesuatu hal yang sifatnya lebih ke arah negatif. Sehingga orang yang toxic overproud ini dapat menyombongkan dirinya, bahkan mereka dapat sampai merendahkan orang lain yang ia pikir orang tersebut berada jauh di bawahnya dengan menjelek-jelekkannya maupun terus mencari kekurangan dan menjudge-nya

• Dampak Negatif Overproud

  1. Menghambat Seseorang Berkembang
    Bangga akan sesuatu hal sah-sah saja, tetapi sesuatu yang berlebihan memang tak baik ya sobat! Terlalu overproud dapat membuat kita menolak masukan maupun kritik yang membangun dari orang lain. Sehingga menghambat seseorang untuk berkembang menjadi lebih baik dan menghambat pola pikir manusia itu sendiri untuk dapat berkembang sebagaimana mestinya.
  2. Menciptakan Sikap Diskriminasi
    Sikap overproud yang terlalu membanggakan diri sendiri dapat menciptakan sikap diskriminasi secara tidak langsung, lho! Karena overproud ini mulanya berdampak dengan memandang rendah orang lain, sehingga membeda-bedakan mereka menjadi hal yang mengarahkan overproud ke arah sikap diskriminasi.
  3. Menimbulkan Star Syndrome
    Siapa sangka, overproud dapat menimbulkan Star Syndrome. Apakah kalian tahu apa itu Star Syndrome? Star Syndrome merupakan gangguan kepribadian yang merasa ia lebih sempurna, mengagumkan, bahkan sangat terkenal meski kenyataannya tidak seperti itu. Sesuai namanya, Star Syndrome merasa bahwa ia adalah bintang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.