Heat Stroke! Semua yang Perlu Anda Ketahui

oleh -33 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Anda termasuk orang yang suka melakukan aktivitas fisik yang berat di luar ruangan? Kemudian dengarkan. Mengetahui bahwa Anda berisiko terkena heat stroke saat beraktivitas — dan mampu mengidentifikasi serta mengobati gejalanya — dapat menyelamatkan hidup Anda. (herdi)

Kita sering mendengar kasus heat stroke non-exertional, seperti orang tua yang jatuh sakit saat terkena gelombang panas. Kepanasan saat beraktivitas, di sisi lain, dapat terjadi pada orang aktif yang sebenarnya sehat.

APA ITU

Heat stroke terjadi ketika Anda kehilangan lebih banyak cairan daripada yang Anda konsumsi. Terkadang, ini bisa terjadi selama beberapa jam, seperti pada pendakian yang keras pada hari musim panas yang terik yang membuat Anda berkeringat. Itu juga bisa terjadi secara perlahan, selama beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu.

SEPERTI APA RUPANYA

Gejalanya sangat serius. Seseorang dengan heat stroke mungkin memiliki kulit yang panas, merah, kering (dari pembuluh kulit yang melebar) dan dapat mencatat suhu inti hingga 106 derajat Fahrenheit.

Vital terpengaruh: nadi dipercepat dan napas cepat dan dangkal. Orang tersebut mungkin mengeluh sakit kepala atau menunjukkan tanda-tanda kebingungan. Mereka mungkin juga bertingkah aneh dan bisa mengalami halusinasi. Akhirnya, pada titik heat stroke, tubuh mereka akan berhenti berkeringat.

APA YANG TERJADI

Ketika seseorang menunjukkan gejala heat stroke, itu berarti sistem kontrol suhu internal mereka telah berhenti bekerja. Dua hal utama yang terjadi yang merugikan tubuh.

Yang pertama adalah demam tinggi, yang dapat merusak otak dan organ dalam lainnya. Jika seseorang memiliki suhu di atas 105 derajat Fahrenheit selama lebih dari satu jam, mereka berisiko mengalami kerusakan otak permanen. Jika korban bertingkah aneh atau berhalusinasi, ini pertanda otaknya sedang terpengaruh.

Risiko besar kedua adalah hilangnya cairan di dalam tubuh, yang menyebabkan tekanan darah turun drastis. Ketika jantung Anda tidak memompa darah secara efektif, tubuh Anda dalam masalah. Kebanyakan orang yang meninggal karena heat stroke meninggal karena kegagalan peredaran darah.

APA YANG HARUS DILAKUKAN

Langkah pertama yang jelas adalah mendapatkan bantuan. Jangan salah: heat stroke adalah keadaan darurat medis. Waktu sangat penting: bawa korban ke depan bantuan medis sesegera mungkin. air

Jika Anda bersama seseorang yang menderita heat stroke, lakukan semua yang Anda bisa untuk membantu menurunkan suhu tubuh. Jauhkan mereka dari sinar matahari dan, jika orang tersebut sadar, dorong mereka untuk minum cairan—minuman olahraga adalah yang terbaik, tetapi air juga berfungsi. Dinginkan tubuh mereka dengan air dingin.

BAGAIMANA MENCEGAH STROKE PANAS

Minumlah! Saat suhu naik, pastikan Anda mengonsumsi cukup cairan untuk mengganti cairan yang hilang. Minum banyak cairan sebelum Anda mencapai jalan setapak. Bawalah banyak air saat mendaki atau melakukan kegiatan di luar ruangan, dan minumlah setidaknya setiap jam.

Jaga agar pakaian tetap longgar, tetap pada tempat teduh di jam-jam terpanas hari itu, dan jauhi kafein dan minuman keras saat Anda berencana untuk aktif di bawah sinar matahari.

Akhirnya, waspadalah terhadap hari-hari yang sangat panas, dan kelembaban yang tinggi. Kelembaban dapat mencegah keringat menguap.

Sumber: blog.theclymb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.