Ikan Kupu-Kupu Penghuni Terumbu Karang

oleh -342 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Ikan kupu-kupu penghuni terumbu karang. Para pecinta aquarium laut terutama yang hoby merawat ikan hias air laut pasti tidak asing dengan ikan jenis ini. (ree)

Ikan butterfly fish atau ikan kupu kupu, ia masuk kedalam kelompok ikan laut tropis dari keluarga Chaetodontidae dan banyak di temukan di sekitar terumbu karang di laut Atlantik, Hindia dan Samudra Pasifik. Sebagaimana namanya, ikan hias air laut butterfly fish memiliki corak bergaris dan warna yang mempesona layaknya kupu-kupu. Bentuk tubuh ikan hias air laut ini pipih, mulutnya monyong ke depan.

Baca juga: Berkenalan Dengan Ikan Pari Manta

Chaetodon lineolatus

Butterfly Fish dari genus Chaetodon memiliki wilayah penyebaran yang paling luas dibanding genus lainnya. Ikan dari golongan ini merupakan ikan yang paling banyak di pelihara oleh pembudidaya ikan hias akuarium. Dari segi ukuran, butterfly fish tidak tumbuh terlalu besar, paling hanya sampai 20 cm saja.

Mayoritas butterfly fish berwarna cerah, namun beberapa di antaranya memiliki warna yang sedikit kusam. Sebagai perenang yang gesit, mereka berenang dengan cara melesat dan melayang-layang. Apalagi saat mereka berkelompok, kamu akan disuguhkan tontonan yang menarik dari ikan ini.

Kemudian pada malam hari, butterflyfish bersembunyi di celah-celah karang. Sebagian besar spesies ini memakan polip karang dan anemon laut. Sebab itu, si kupu kupu berperan penting bagi ekosistem lautan.

Baca Lainnya:

Tumbukan Asteroid Terjadi Saat Musim Semi di Utara

Hiu Karpet Berbintik, Hewan Endemik Indonesia

Berkenalan Dengan Tikus Hidung Bintang