Invasi Rusia Akibatkan 2 Pesepak Bola Dunia Tewas

oleh -75 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Adanya konflik antar-negara Rusia-Ukraina telah menyebabkan tewasnya ratusan warga yang tidak bersalah. Apalagi dengan adanya invasi Rusia. Dua di antaranya ternyata merupakan pesepak bola profesional, Vitalii Sapylo dan Dmytro Martynenko. Federasi Pemain Profesional Dunia (FIFPro) mengumumkan kabar duka ini di akun sosial media resmi mereka.

“Duka mendalam untuk keluarga, rekan satu tim, hingga teman dari pesepak bola Ukraina Vitalii Sapylo dan Dmytro Martynenko. Mereka pesepak bola pertama yang massal ketahui meninggal di perang ini. Semoga tenang di sana,” begitu pernyataan resmi FIFPro.

Sapylo merupakan pemain tim muda Karpaty Lviv. Pria 21 tahun itu tewas saat ikut bertempur dengan pasukan Ukraina melawan Rusia pada Jumat (25/2/2022).

Sementara, Martynenko bermain untuk FC Gostomel. Ia tewas saat bom yang tentara Rusia luncurkan menghantam apartemennya. Jasad Martynenko ditemukan bersama ibunya.

Kemudian, Karpaty Lviv pun menyatakan bahwa Sapylo merupakan seorang pahlawan. Sebab, dia tanpa takut turun ke medan perang, melawan Rusia demi mempertahankan kedaulatan Ukraina.

“Kami memiliki kenangan indah yang akan terekam selamanya tentang pahlawan satu ini,” begitu pernyataan Karpaty Lviv di situs resminya.

Rusia Dikucilkan

Invasi Rusia ke Ukraina sebenarnya sudah berdampak besar pada sepak bola Eropa. Selain itu Polandia, Republik Ceko, dan Swedia, melakukan boikot massal.

Ketiganya enggan melawan Rusia di play-off Piala Dunia 2022, Qatar. Sejumlah negara juga menyatakan tak mau melawan Rusia, baik klub dan tim nasionalnya, di berbagai ajang, imbas dari serangan ke Ukraina.

Kemudian, UEFA dan FIFA menjatuhkan sanksi kepada Timnas Rusia dan klubnya dengan larangan berlaga di pentas internasional. Dengan sanksi tersebut, Rusia dipastikan gagal ke Piala Dunia 2022. (cva)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.