Jenis Benang yang Digunakan untuk Merajut

oleh -150 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Benang rajut nyatanya tidak hanya terdiri dari satu jenis benang saja. Pasalnya, benang yang digunakan untuk merajut ini terdiri dari beragam jenis. Setiap macam benang rajut ini dibedakan atas ketebalan yang dimilikinya. (stna)

Oleh karena itu, mengetahui setiap jenis benang rajut sangat diperlukan sebelum proses merajut dilakukan. Kamu harus mengetahui hasil rajutan seperti apa yang diinginkan agar dapat memutuskan jenis benang rajut yang akan dipilih nantinya.

Jenis Benang untuk Merajut

Benang merupakan bagian penting dari kerajinan rajut. Karena ini merupakan bahan utama yang mempengaruhi kualitas hasil rajutan kita. Berikut berbagai jenis benang yang bisa kita gunakan untuk membuat kerajinan rajut:

1. Katun

Benang katun adalah benang rajut yang terbuat dari serat alami (kapas). Benang ini biasa di gunakan oleh pemula atau yang masih baru pertama kali belajar merajut. Sifat Benang katun adalah dingin, ringan dan memiliki banyak variasi warna. Bisa di gunakan untuk membuat berbagai pernik sulam, seperti tas, dompet, taplak meja, dan lainnya.

2. Mabel

Memiliki tekstur dan terbuat dari bahan yang halus, lembut dan jatuh daripada katun biasa. Warna dari benang mabel juga kelihatan lebih mengkilap jika di bandingkan dengan katun biasa. Ukuran diameternya sama seperti katun ICT biasa. Benang mabel biasa di gunakan untuk membuat rajutan seperti taplak, syal, sarung bantal, tempat tisu dan rompi.

3. Nylon

Benang nylon atau nilon memiliki tekstur yang keras serta mengkilap. Karena memiliki tekstur yang keras dan kaku sehingga benang ini sangat pas di gunakan untuk membuat tas ataupun dompet. Benang nilon ukuran kecil juga bisa di gunakan untuk membuat aksesoris atau pernak-pernik

4. Acrylic/Wol Sintetis

Benang acrylic bukan merupakan benang yang dibuat dari serat alami. Namun benang jenis ini memiliki banyak warna yang menarik. Di Indonesia, benang jenis ini sering disebut sebagai benang wol, padahal benang acrylic berbeda dari benang wol. Benang acrylic ini banyak di minati karena harganya yang terjangkau untuk para pemula yang ingin belajar merajut.

5. Rayon

Rayon adalah salah satu jenis benang rajut yang terbuat dari bahan semi sintesis. Sifat dari Benang rayon adalah kaku dan tidak mudah kusut. Benang ini memiliki kesan jatuh dan adem saat di pakai karena memiliki tekstur yang halus dan lembut. Sangat cocok jika di gunakan untuk membuat rajutan seperti rompi, baju, cardigan, syal, scraf, pashmina dan perlengkapan bayi.

6. Polyester

Polyester merupakan benang yang dibuat dari bahan 100% serat polyester. Sifat benang polyester adalah ringan, mengkilat, kuat, elastis, tidak mudah kusut dan tidak mudah luntur. Namun benang ini tidak cocok jika di gunakan untuk membuat kerajinan rajut fashion karena benang polyester memiliki daya serap rendah sehingga tidak menyerap keringat. Benang ini cocok jika di gunakan untuk bahan merajut tas, dompet, taplak, bros dan sebagainya.

Baca juga: Teknik Dasar Merajut untuk Pemula

Sumber: Macam-Macam Benang Rajut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.