Istilah Jual Beli Online yang Harus Kamu Tahu

oleh -101 views
Photo by PhotoMIX Company from Pexels

ZETIZEN RADAR CIREBON – Jual beli Online saat ini semakin marak terjadi. Di zaman sekarang kebanyakan orang lebih banyak memilih berbelanja online karena  berfikir bahwa dengan berbelanja Online mereka bisa dapat harga yang lebih miring ketimbang harus ke mall dengan kualitas yang sama.(Robi)

Sering terjadinya proses jual beli secara online membuat banyak orang harus tahu istilah-istilah yang sering di temukan saat jual beli. Buat kamu yang sering belanja di olshop kamu wajib baca artikel ini sampe abis.

| PO

Pre Order Istilah ini biasanya sering orang pakai ketika ingin berbelanja sesuatu di e-commerce. Biasanya pembeli akan membayar terlebih dahulu barang pesanannya. Pembayarannya bisa 25%,50% dan 100% dari harga. biasanya barang yang masuk kategori PO adalah barang-barang yang sulit kita jumpai, langka atau barang custom, durasi Pre Order ini tergantung dari kesulitan barang yang tersebut biasanya durasi antara 3 hari atau hingga 14 hari.

| COD

Cash On Delivery “Cod di tenggah ya”, “cod di alun-alun ya”. Dalam transaksi belanja online COD adalah metode pembayaran langsung di tempat setelah pesanan tersebut telah pembeli terima. COD ini memudahkan pembeli untuk mengecek barang yang akan mau pembeli beli, dan sistem COD ini meminimalisir penipuan pada saat transaksi online.

| Testi

Testi merupakan singkatan dari Testimoni, testimoni yaitu sebuah respon dari kepuasan dari pembeli-pembeli sebelumnya serta review terhadap penjualnya. Testimoni sangat berguna sekali karena bisa menjadi patokan ketika ingin membeli sebuah barang di e-commerce karena calon pembeli bisa mengetahui kualitas barang yang dijual, model packingan si penjual serta respon penjual terhadap si calon pembeli.

| WTS dan WTB

Singkatan ini biasanya banyak kita temukan pada forum-forum jual beli. Si penjual/pembeli biasanya memasang judul di depan dengan kata “WTS” atau “WTB”, contohnya “WTS Jam Dinding Merk A”, “WTB Meja Makan” WTS singkatan dari Want To Sell yang artinya seseorang ingin menawarkan dan menjual sesuatu, serta WTB singkatan dari Want To Buy yang artinya seseorang ingin membeli dan mencari sebuah produk pada forum jual beli tersebut.

| PM dan DM

Sebenarnya makna dari kedua istilah ini sama. DM singkatan dari Direct Message dan PM singkatan dari Personal Message/Private Message. Kalau kita artikan maka maknanya adalah pesan pribadi yang disampaikan langsung antara calon pembeli terhadap penjual. Biasanya isi pesan tersebut adalah pertanyaan seputar barang yang dijual oleh si penjual.

| BNIB

BNIB merupakan singkatan dari Brand New In Box yang artinya adalah barang yang baru/belum lepas dari kemasan (box/kardus). Istilah BNIB ini sering penjual pakai di marketplace/forum jual beli untuk meyankinkan calon pembeli kalau produk yang dia jual adalah produk Ori (asli)

| Net

Pada forum jual beli biasanya ada seseoang yang menjual sebuah barang dengan kata Net. Sebagai Contoh “Dijual motor trail harga 6jt net”. Net di sini maksudnya adalah harga pas/harga tidak bisa pembeli tawar lagi. Yang artinya si penjual tidak menerima harga tawaran dari si calon pembeli.

| Slow Respon

Ketika mencari sebuah barang di marketplace atau e-commerce biasanya calon pembeli akan bertanya kepada penjual tentang barang tersebut. Penjual biasanya membalas pesan berupa pertanyaan calon pembeli tersebut lama (slow respon) hingga berjam-jam. Biasanya faktornya adalah si penjual sibuk mengurus barang yang sudah di pesan sebelumnya (packing barang). Ada juga seperti membalas pertanyaan calon pembeli yang banyak dari bawah, dan faktor-faktor lainnya.

Sc: Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *