Katsaridaphobia! Ini Penyebab Orang Takut Kecoa

oleh -129 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Fakta bahwa kecoak akan hidup lebih lama dari manusia karena mereka dapat menahan 2000 kali tingkat radiasi daripada kita dan juga dapat bertahan selama berhari-hari tanpa makanan. Fakta seperti itu tidak akan menggembirakan bagi orang yang menderita fobia kecoa yang ekstrem. Nama yang di berikan untuk rasa takut kecoa seperti itu adalah Katsaridaphobia. (herdi)

Fobia atau ketakutan akan kecoa bisa menjadi salah satu yang melemahkan. Seorang guru di laporkan harus berhenti dari pekerjaannya karena dia bahkan tidak tahan murid-muridnya mengucapkan kata ‘kecoak’ dengan keras. Itu akan membuatnya “membeku di tempat atau berkeringat dingin”. Suatu kali, dia bahkan berlari keluar dari kamar mandi dengan sabun masih menyala, karena dia merasa ada kecoak terbang ke kamar mandi.

Dengan demikian, ketakutan yang ekstrem, terus-menerus, dan tidak beralasan terhadap kecoak dapat benar-benar mengubah hidup penderitanya menjadi mimpi buruk.

Penyebab Katsaridaphobia

Banyak orang merasa tidak nyaman atau takut dengan keberadaan serangga dan makhluk seperti kecoa. Kecoa di ketahui menghuni tempat gelap dan hangat yang kaya akan makanan. Seringkali, pada malam hari atau tanpa adanya lampu, mereka secara tidak sengaja merangkak atau menyapu kulit kita. Hal ini dapat menimbulkan ketakutan yang mendalam atau respon jijik. Respons jijik seperti itu biasanya bersifat evolusioner; nenek moyang prasejarah kita di program untuk tetap waspada terhadap perayap menyeramkan ini ketika mereka tidur di gua dan di tempat terbuka.

Sering kali, individu Katsaridaphobic mungkin memiliki pengalaman negatif atau traumatis dengan kecoak di masa lalu. Anak-anak mungkin telah di hukum atau di kurung di lemari atau ruang gelap di mana makhluk-makhluk seperti itu cenderung bersembunyi. Anak-anak seperti itu memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengembangkan fobia kecoa.

Cara Mengatasinya

Kabar baiknya bagi orang-orang dengan rasa takut yang berlebihan terhadap kecoa adalah bahwa hal itu dapat di atasi. Banyak terapi yang tersedia saat ini untuk membantu seseorang mengatasi berbagai jenis fobia spesifik.

Desensitisasi bertahap atau terapi pemaparan adalah salah satu metode paling umum untuk mengatasi zoophobia seperti Katsaridaphobia. Ini termasuk melihat gambar kecoak, menyentuh kecoa mati dan secara bertahap berkembang menjadi satu ruangan dengan kecoak tanpa mengalami serangan panik.

Hipnoterapi adalah cara lain yang efektif untuk mengatasi Katsaridaphobia. Ini dapat membantu penderita fobia menghilangkan ketakutannya dan mengubah pikirannya tentang kecoak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.