Makhluk Mitologi di Film Harry Potter

oleh -383 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sebelum menonton Harry Potter Return to Hogwarts yang tayang pada awal tahun 2022, kamu juga bisa nih melakukan rewatch filmnya terlebih dahulu. Mungkin kamu sedang penasaran dengan berbagai makhluk dalam seri Harry Potter. Ternyata ada beberapa makhluk yang terinspirasi dari mitologi kuno, lho. Seperti halnya kelima creature berikut ini.

1. Centaur

Centaur dalam seri Harry Potter berwujud sebagai makhluk setengah manusia dan kuda. Kepala sampai badannya terlihat seperti manusia sedangkan kakinya menyerupai kuda. Makhluk ini pertama muncul dalam film pertama atau Sorcerer’s Stone. Tempat tinggal mereka sendiri di hutan terlarang.

Sang penulis terinspirasi dari mitologi Yunani tentang Centaurus. Dalam mitologi Yunani, Centautus merupakan makhluk ajaib yang sering membantu para pahlawan Olympus. Sedangkan dalam Harry Potter, Centaur seringkali meragukan para penyihir meski beberapa dari mereka ada yang bersedia membantu Harry.

2. House-Elf

Istilah house-elf atau peri rumah merupakan karangan dari penulis Harry Potter itu sendiri. Meski begitu, elf atau peri merupakan salah satu dongeng berasal dari Eropa yang sudah ada turun-temurun. Peri melakukan semua pekerjaan rumah dan baru boleh pergi ketika mereka mendapat uang ataupun pakaian.

Peri rumah menjadi salah satu makhluk penting dalam film Harry Potter. Terutama tokoh Dobby yang merelakan nyawanya untuk menolong Harry. Peri akan melayani tuan rumahnya hingga beberapa generasi hingga mereka bebas. Peri sendiri seringkali kita temui di berbagai cerita fantasi.

3. Basilisk

Basilisk menjadi makhluk misterius yang tersembunyi dalam kamar rahasia di seri Chamber of Secrets. Diceritakan makhluk mematikan ini sudah tinggal di Hogwarts selama berabad-abad. Hanya pewaris asli Slytherin yang bisa mengendalikan basilisk. Makhluk ini dapat membunuh muggle dengan sekali tatap. Belum dengan racunnya yang sanga berbahaya.

Basilisk sendiri berasal dari mitologi Yunani yang namanya berarti “little king” atau “raja kecil”. Basilisk sebenarnya berukuran kecil seperti ular pada umumnya namun sangat mematikan. Tetapi dalam seri Harry Potter sendiri, basilisk digambarkan sebagai ular raksasa.

4. Cornish Pixie

Cornish Pixie atau peri berukuran kecil muncul dalam pelajaran pertahanan ilmu hitam yang diajar oleh Gilderoy Lockhart. Sayangnya profesor baru dalam seri kedua Harry Potter itu bahkan tidak bisa mengatasi peri-peri tersebut. Pixie bertingkah tidak terkendali dengan mengacak-acak kelas.

Cornish pixie merupakan makhluk mitos yang berasal dari cerita rakyat Inggris. Dongeng tentang pixie tersebar di daerah Devon atau Cornwall. Pixie terkenal sebagai makhluk yang suka mencuri anak-anak dan menyesatkan para traveler.

5. Sphinx

Sphinx pertama kali muncul dalam seri Goblet of Fire ketika peserta Triwizard memasuki labirin. Mereka merupakan makhluk berkepala perempuan, bertubuh singa, dan memiliki ekor burung. Sphinx berasal dari mitologi Yunani dan mereka dikenal sebagai makhluk berbahaya. Makhluk ini dapat membunuh siapapun yang salah menjawab teka-tekinya.Makhluk mematikan ini muncul dalam mitos Oedipus. Selain Yunani, Sphinx juga terdapat di Mesir tetapi berwujud sebagai pria. Sphinx Mesir berwujud sebagai penjaga piramida.

Ternyata banyak makhluk dari seri Harry Potter yang terinspirasi dari berbagai mitologi kuno. Kira-kira makhluk apalagi yang juga terinspirasi dari folklore, nih? (cva)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.