Manfaat Bermain Video Game untuk Kesehatan Mental

oleh -96 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Ada banyak kesalahpahaman tentang bermain video game dan dampaknya terhadap kesehatan mental. Yang benar adalah bahwa bermain video game memiliki banyak manfaat, termasuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah yang kompleks dan mempromosikan interaksi sosial melalui game online. (herdi)

Manfaat Video Game

Bermain video game memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mental Anda. Video game dapat membantu Anda menghilangkan stres dan menenangkan pikiran. Beberapa manfaat antara lain:

Stimulasi mental

Video game sering membuat Anda berpikir. Saat Anda bermain video game, hampir setiap bagian otak Anda bekerja untuk membantu Anda mencapai pemikiran tingkat tinggi. Tergantung pada kerumitan gimnya, Anda mungkin harus berpikir, menyusun strategi, dan menganalisis dengan cepat. Bermain video game bekerja dengan bagian otak yang lebih dalam yang meningkatkan perkembangan dan keterampilan berpikir kritis.

Merasa tercapai

Dalam permainan, Anda memiliki tujuan dan sasaran yang harus dicapai. Setelah Anda mencapainya, mereka memberi Anda banyak kepuasan, yang meningkatkan kesejahteraan Anda secara keseluruhan. Rasa pencapaian ini meningkat ketika Anda bermain game yang memberi Anda piala atau lencana untuk tujuan tertentu. Mencoba untuk mendapatkan lebih banyak prestasi memberi Anda sesuatu untuk diusahakan.

Pemulihan kesehatan mental

Terlepas dari jenisnya, bermain game dapat membantu pemulihan trauma. Video game dapat bertindak sebagai pengalih perhatian dari rasa sakit dan trauma psikologis. Video game juga dapat membantu orang yang berurusan dengan gangguan mental seperti kecemasan, depresi, attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), dan post-traumatic stress disorder (PTSD).

Interaksi sosial

Multiplayer dan game online bagus untuk interaksi sosial virtual. Karena dalam pengaturan permainan yang serba cepat, Anda harus mempelajari siapa yang harus dipercaya dan siapa yang harus ditinggalkan dalam permainan. Game multipemain mendorong kerja sama. Ini juga merupakan lingkungan berisiko rendah bagi Anda untuk menguji berbicara dan membina hubungan dengan orang baru.

Ketahanan emosional

Ketika Anda gagal dalam permainan atau dalam situasi lain, itu bisa membuat frustrasi, karena di situ video game membantu orang belajar bagaimana mengatasi kegagalan dan terus mencoba. Dan ini adalah alat yang penting untuk dipelajari dan digunakan anak-anak seiring bertambahnya usia.

Terlepas dari apa yang orang mungkin pikirkan, bermain video game meningkatkan suasana hati Anda dan memiliki efek yang bertahan lama. Baik Anda menggunakan game untuk menghabiskan waktu bersama teman atau untuk melepaskan stres, ini adalah pilihan yang bagus.

Bermain untuk Kesejahteraan Anda

Cobalah video game strategis

Bermain peran dan permainan strategis lainnya dapat membantu memperkuat keterampilan pemecahan masalah. Ada sedikit penelitian yang mengatakan video game kekerasan buruk bagi kesehatan mental Anda.

Tetapkan batas

Meskipun video game itu sendiri tidak buruk untuk kesehatan mental Anda, menjadi kecanduan bisa saja. Bisa saja mengakibatkan Anda menghabiskan terlalu banyak waktu untuk bermain game dapat menyebabkan isolasi. Anda mungkin juga tidak ingin berada di sekitar orang-orang di dunia nyata.

Bermain dengan teman

Jadikan waktu bermain menyenangkan dengan bermain bersama teman. Bahkan ada komunitas online yang dapat Anda ikuti untuk permainan favorit Anda, waktu bermain game yang moderat dengan teman dapat membantu sosialisasi, relaksasi, dan mengelola stres.

Sumber: Webmd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.