Cara Membangun Kepemimpinan Di dunia Profesional

oleh -61 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kepemimpinan adalah sebuah tindakan di mana kita bertanggung jawab untuk membawa seluruh anggota kita untuk meraih kejayaan.(Robi)

Kita sudah sering Mendengar tokoh-tokoh besar yang begitu berwibawa dan berkarisma dalam memimpin sebuah oraganisasi atau sebuah negara seperti presiden pertama kita yaitu Ir. Soekarno. Tidak dipungkiri bahwasannya memang ada sebagian orang yang terlahir dengan jiwa kepemimpinan yang luarbiasa. Walaupun kepemimpinan adalah hal yang cukup sulit, namun setiap kemampuan selalu bisa kita asah.

Semua orang dapat menjadi seorang pemimpin, tapi tidak semua orang bisa jadi pemimpin yang hebat. Tidak sedikit orang yang jadi pemimpin tapi malah justru tidak sukai oleh bawahannya. Oelh karena itu berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika kamu hendak menjadi pemimpin yang disukai banyak orang.

Berlaku Adil

Keadilan adalah sebuah hak yang ingin semua orang lain rasakan. Sebagai seorang pemimpin kita bertanggung jawab kepada setiap anggota yang kita pegang. Oleh karena itu kita sebagai seorang pemimpin harus berlaku adil kepada setiap anggotanya.

baca juga : Cara Membangun Kerja Sama yang Efektif

Memberi Pujian

Memberikan pujian kepada bawahan kita ketika mereka berhasil mengerjakan tugas mereka dengan baik terdengar sangat sederhana, namun hal sederhana itulah yang akan membangun rasa kepercayaan diri anggota kita ke depannya. Dengan memuji pekerjaan yang telah mereka kerjakan dengan baik akan membuat mereka merasa penting dan di hargai di tempat bekerja.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Society for Hman Resource Management menyatakan bahwa hubungan karyawan dengan bosnya lebih mampu mempertahankan retensinya dubandingkan jumlah gaji dan detail pekerjaannya. Pemimpin yang adil dan menginspirasi, yang suka memberikan Coaching dan Mentoring, lebih mampu mempertahankan Karyawannya.

Mendengarkan Saran dan Gagasan dari Anggota kita

Memiliki jiwa kepemimpinan menandakan bahwasannya kita harus lebih banyak mendengar daripada berbiacara. Kebanyakan pemimpin di era sekarang lebih suka ketika keinginan mereka dipenuhi dan perintah mereka segera anggota mereka kerjakan. Padahal sikap seperti membuat citra yang jelek bagi kita dan menimbulkan rasa ketidaksukaan pada metode kepemimpinan kita.

Dengan kita mendengarkan gagasan orang lain dan memberikan kebebasan kepada mereka bagaimana caranya mereka menyelesaikan pekerjaan mereka akan membuat mereka lebih produktif dan efisien dalam bekerja.

One thought on “Cara Membangun Kepemimpinan Di dunia Profesional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.