Demotivasi! Hilang Motivasi karena Emosi

oleh -51 views
Photo by Karolina Grabowska from Pexels

ZETIZEN RADAR CIREBON – Demotivasi atau biasa kita sebut sebagai keadaan di mana kita sebagai seorang manusia mulai kehilangan mood kita untuk mengerjakan sesuatu yang harus kita kerjakan. (Robi)

Kehilangan motivasi adalah hal yang umum yang sering orang lain rasakan khususnya di usia produktif seperti umur 20 tahunan. Demotivasi dapat menyebabkan berbagai masalah serius loh dalam aktivitas kita sehari-hari misalnya kita jadi males untuk ngejalanin habits yang udah kita bangun karena sudah tidak bergairah lagi.

Kehilangan motivasi lambat laun akan membawa kita kepada kebiasaan-kebiasaan buruk karena kita bakalan jadi mageran nantinya. Terus gimana dong ngatasin Demotivasi? Nah buat kalian yang lagi ngalamin demotivasi kalian wajib banget baca artikel ini sampai akhir yeah. Berikut cara yang bisa kamu lakuin ketika kamu mulai kehilangan motivasi yang mesti kamu coba!

Mengelola Emosi Negatif

Emosi dan motivasi sebenarnya adalah sesuatu hal yang sangat berkaitan. Motivasi adalah sebuah keadaan di mana kita memiliki sebuah dorongan untuk mencapai goals kita. Sedangkan emosi adalah perasaan kita ketika menjalani sebuah keadaan.

Perasaan negatif yang ada dalam diri kita akan menguras pikiran kita sehingga menyebabkan kita jadi gak selera untuk ngerjain apapun. Ketika emosi negatif kita mulai mendominasi perasaan kita maka motivasi kita untuk mengerjakan sebuah aktivitas pun akan berkurang. Motivasi kita berkurang karena ketika emosi negatif semakin kuat maka pikiran kita pun semakin kacau kita jadi insecure dan sering ngerasa cape.

Cari Support System ketika Mengalami Demotivasi

Seperti yang telah disebutkan bahwasannya salah satu faktor kita kehilangan motivasi karena kita terkekang dalam emosi negatif. Salah satu cara mengatasi itu  kita juga bisa dengan cara mencari support system.

Apa sih support system itu? Support system adalah segala hal yang mendorong kita untuk terus bangkit. Ketika kita sedang demotivasi karena pengaruh emosi negatif maka dengan mencari support system kita bisa mengurangi emosi tersebut. Itu bisa terjadi karena kita dapat membagi masalah kita dengan menceritakan masalah kita kepada teman atau keluarga kita karena mereka bisa berperan sebagai support system bagi kita

Fokus Pada Hal yang dapat kita Kontrol

Ketika demotivasi itu datang maka kita akan merasa malas dalam mengerjakan berbagai aktivitas kita sehari-hari. Maka cara terbaik untuk mengatasi masalah itu kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk mengatasi rasa malas dan insecure itu dengan cara fokus pada apa yang dapat kita kerjakan. Walaupun akan terasa sangat berat tetap kerjakan saja sampai motivasi itu datang dengan sendirinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.