Mengenal Gurita Dumbo Penghuni Lautan Dalam

oleh -152 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mengenal gurita dumbo penghuni lautan dalam. Tahukah kamu bahwa terdapat spesies yang lucu bahkan aneh yang berada di lautan dalam. Yaps, salah satunya yaitu gurita dumbo, sesuai dengan namanya, gurita ini punya sepasang “telinga” seperti tokoh animasi dumbo. (ree)

Gurita dumbo, atau yang juga umum dikenal dengan sebutan Dumbo Octopus, mempunyai nama latin Grimpoteuthis. Hewan ini termasuk ke dalam genus gurita payung pelagis, dan inilah yang membedakan antara gurita dumbo dengan gurita jenis lainnya.

Baca juga: Si Kutu Laut Penghuni Lautan Dalam

Sebenarnya, sepasang “telinga” itu adalah sirip. Sirip ini biasanya digunakan untuk berenang. Karena punya sirip, gurita dumbo pun lebih sering berenang menggunakan sirip, daripada tentakelnya.

Gurita Dumbo merupakan jenis hewan yang berukuran kecil apabila di bandingkan dengan gurita-gurita lainnya. Hewan ini berukuran rata-rata berkisar antara 20 hingga 30 cm. Gurita Dumbo tersebar di berbagai belahan dunia dan hidup di kedalaman jurang dalam laut yang berkisar antara 1.000 m hingga 7.000 m.

Seperti gurita pada umumnya, Dumbo Octopus memiliki delapan tentakel. Mereka bertahan hidup dengan memakan cacing dan krustasea mirip udang yang disebut amphipoda yang mereka tangkap dengan menggunakan jaring tentakel mereka sebagai payung untuk menangkap makanan.

Bentuk adaptasi yang di miliki Dumbo Octopus untuk bisa hidup di laut dalam yang memiliki tekanan yang ekstrem dan suhu yang rendah adalah tubuh yang bersifat gelatinous, lentik dan halus sehingga memungkinkan Dumbo Octopus untuk bergerak bebas di tengah tekanan air yang ekstrem.

Karena gurita jenis ini hidup di laut dalam, mereka jarang menjumpai predator dan mangsa karena hewan-hewan jenis lain umumnya tidak hidup di air yang begitu dalam.

Baca Lainnya:

Blue-Ringed Octopus, Si Gurita Cincin Biru Yang Mematikan

2 thoughts on “Mengenal Gurita Dumbo Penghuni Lautan Dalam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.