Mengenal Hiu Pemotong Kue, Aneh Tapi Nyata

oleh -354 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mengenal hiu pemotong kue, aneh tapi nyata. Tahukah kamu bahwa terdapat jenis hiu yang memiliki nama nyeleneh atau asing. Yaps namanya yaitu “pemotong kue” akan tetapi secara harfiah berarti hiu pemotong kue ini ikan kecil yang ganas. Mereka mengigit apapun untuk santapannya. (ree)

Ikan hiu ini disebut Cookiecutter karena kebiasaannya yang cukup unik. Usai mengigit mangsanya, hiu yang memiliki nama ilmiah Isistius brasiliensis itu akan meninggalkan bekas luka lingkaran layaknya adonan kue yang telah di lubangi dengan cetakan.

Baca juga: Predator Cantik Dari Sungai Amazon

Ikan bermata hijau dan berwajah menyeramkan ini dapat tumbuh hingga berukuran 56 cm. Bentuk tubuh lonjong seperti cerutu dan “hidung” yang tumpul. Sirip-siripnya tergolong sangat kecil, membuatnya lebih terlihat seperti ikan patin dan kerah gelap di sekitar leher mereka. Makhluk aneh penghuni laut dalam tersebut menggunakan gigi runcing mereka untuk memakan hiu putih besar dan lain-lain.

Jika manusia melihat hiu pemotong kue, biasanya dia berada dekat permukaan pada malam hari, ketika berburu mangsa yang lebih besar di laut bagian atas. Pada siang hari, mereka lebih suka berenang di laut dengan kedalaman hingga 3,7 kilometer. Namun pada saat malam, mereka bermigrasi secara vertikal hingga ke kawasan permukaan laut.

Kebiasaan Hiu Pemotong Kue

Hiu ini memiliki kebiasaan menyerang mangsa yang jauh lebih besar dari dirinya, seperti paus, lumba-lumba, atau bahkan hiu lain. Dengan menggunakan lapisan penghisap di bibirnya, hiu ini akan menempel ke tubuh korbannya dan menggigit satu potongan daging menggunakan gigi-giginya yang tajam.

Kemudian adanya laporan bahwa dalam beberapa kasus yang parah, gigitan hiu pemotong kue sangat parah sehingga menyebabkan minyak di dalam peralatan sonar bocor.

Bahkan ikan ini menyerang kapal selam angkatan laut Amerika Serikat , terkadang mereka juga dapat menyebabkan kerusakan serius. Hal ini mengakibatkan kerusakan yang cukup parah bagi alat navigasi penting tersebut.

Baca Lainnya:

Rusa Tikus, Rusa Yang Sering Di Fitnah Sebagai Pencuri Timun Ternyata Bukan!

Kucing Pallas, Si “Kucing Hantu” Dari Asia Tengah

Berkenalan Dengan Ikan Pari Manta

2 thoughts on “Mengenal Hiu Pemotong Kue, Aneh Tapi Nyata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.