Mengenal Otter Hewan Peliharaan yang Eksotis

oleh -327 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mengenal Otter hewan peliharaan yang eksotis. Apakah kamu tahu otter? Dari penampilan dan cara hidupnya di air, banyak yang berpikir bahwa hewan ini mirip dengan berang-berang. (ree)

Otter adalah salah satu hewan eksotis yang dapat menjadi pilihan hewan peliharaan untuk kamu

Baca juga: Si Kecil Dari Gurun Sahara Rubah Fennec Fox

Otter, atau lebih di kenal sebagai berang-berang cakar kecil, bisa di jadikan peliharaan yang lucu di rumah. Hewan ini juga bisa di jinakkan dengan latihan khusus dalam waktu yang tidak lama. Di pasar hewan sendiri, otter menjadi buruan banyak kolektor hewan peliharaan, meskipun harganya tidak bisa dibilang murah.

Antara berang-berang dan otter secara taksonomi memiliki kekerabatan yang sangat jauh. Meskipun sama-sama mamalia (hewan menyusui), namun keduanya telah berbeda di tingkat Ordo. Otter berordo Carnivora (pemakan daging) sedangkan beaver berordo Rodentia (hewan pengerat).

Secara ilmiah, berang-berang cakar kecil atau otter di kenal dengan nama Aonyx cinereus dan merupakan salah satu spesies berang-berang dengan ukuran tubuh lebih kecil di banding 13 spesies berang-berang lain di dunia.

Berdasarkan tempat hidupnya, otter juga bisa di bedakan menjadi dua, yaitu otter sungai dan otter laut. Contoh otter sungai adalah otter sungai amerika utara Lontra canadensis dan otter tak bercakar afrika Aonyx capensis.

Perbedaan Otter dan Beaver

Apa saja perbedaan Otter dengan Beaver?

Otter adalah binatang semi-akuatik anggota famili Mustelidae yang hidup di hampir seluruh dunia kecuali Australia. Jenis inilah yang lebih tepat disebut berang-berang.

Sedangkan Beaver adalah hewan pengerat yang mampu hidup di dua tempat air dan darat, yang hidup di Amerika dan Eropa. Meskipun kurang tepat, beaver diterjemahkan dalam bahasa Indonesia oleh orang awam menjadi berang-berang juga. padahal seharusnya adalah Biwara.

Secara perilaku keduanya pun memiliki berbedaan mencolok. Beaver membuat sarang dengan membuat bendungan dari ranting-ranting sedangkan otter bersarang di lubang-lubang di pinggir sungai.

Satu lagi perbedaan antara otter dan beaver adalah otter terdapat di Indonesia sedangkan beaver tidak di jumpai di Indonesia. Bahkan Indonesia memiliki hingga empat spesies otter.

One thought on “Mengenal Otter Hewan Peliharaan yang Eksotis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.