Menjadi Pribadi yang Lebih Baik dalam Hubungan

oleh -57 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Adalah umum untuk ingin menjadi versi diri Anda yang lebih baik. Sama seperti keinginan untuk makan, minum, dan menghindari bahaya, manusia juga mengalami kebutuhan mendasar untuk belajar, tumbuh, dan berkembang—yang oleh para psikolog disebut pengembangan diri. (herdi)

Pertimbangkan aktivitas favorit Anda. Hal-hal seperti membaca buku, menghabiskan waktu di alam, menjadi sukarelawan dengan organisasi baru, mengikuti kelas, bepergian, mencoba restoran baru, berolahraga, atau menonton film dokumenter semuanya memperluas diri.

Menariknya, hubungan romantis juga bisa menjadi sumber utama pertumbuhan bagi orang-orang menjadi lebih baik. Pasangan modern saat ini memiliki harapan yang tinggi untuk peran pasangan dalam pengembangan diri mereka sendiri.

Tumbuh Menjadi Lebih Baik dalam Hubungan Anda

Jatuh cinta terasa menyenangkan, dan menghabiskan waktu dengan pasangan romantis itu menyenangkan, tetapi manfaat cinta bahkan lebih dalam. Orang cenderung menghargai pasangan yang membantu mereka menjadi versi diri mereka yang lebih baik.

Salah satu cara untuk mengoptimalkan pertumbuhan diri dalam hubungan Anda adalah dengan berbagi minat dan keterampilan unik pasangan Anda. Ketika “aku” menjadi “kita”, pasangan memadukan konsep diri mereka dan memasukkan yang lain ke dalam diri. Penggabungan itu mendorong mitra untuk mengambil karakteristik, kebiasaan, minat, dan kemampuan satu sama lain sampai batas tertentu.

Ini bukan untuk mengatakan bahwa individu harus mencoba untuk sepenuhnya bergabung, menanggung risiko kehilangan diri mereka sendiri. Sebaliknya, setiap orang dapat mempertahankan identitas mereka sendiri sambil menambahkannya dengan elemen yang diinginkan dari pasangan mereka.

Konsekuensi Hubungan

Ilmu pengetahuan membuatnya sangat jelas bahwa pasangan dengan lebih banyak pengembangan diri memiliki hubungan yang lebih baik. Secara khusus, orang-orang yang melaporkan lebih banyak pengembangan diri dalam hubungan mereka juga melaporkan cinta yang lebih bergairah, kepuasan hubungan, dan komitmen.

Karena pengembangan diri sangat penting, ketika hubungan yang berkembang berakhir, peserta menggambarkan perasaan seperti mereka telah kehilangan sebagian dari diri mereka sendiri.

Yang penting, ketika hubungan yang kurang berkembang putus, individu mengalami emosi dan pertumbuhan positif menjadi lebih baik. Ketika suatu hubungan memberikan ekspansi yang tidak memadai, itu bisa terasa seperti terjebak dalam kebiasaan. Ketidaknyamanan yang stagnan itu memiliki konsekuensi.

Ekspansi diri hubungan yang tidak memadai juga mendorong orang untuk memiliki lebih banyak pandangan yang mengembara dan lebih memperhatikan pasangan alternatif, meningkatkan kerentanan untuk selingkuh pada pasangannya, menurunkan hasrat seksual, dan memiliki kemungkinan putus yang lebih besar.

Sumber: psychologytoday

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.