Merasa Takut Akan Kematian? Coba Pahami Hal Ini!

oleh -31 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kita manusia hidup untuk meninggal, apalagi dengan adanya pandemi yang tersebar di seluruh dunia, angka kematian melonjak akibat penyakit. Mungkin ada dari kalian yang koleganya meninggal akibat pandemi atau tidak berpikir kapan waktu Anda akan tiba. Tiba-tiba merasa takut akan kematian. (herdi)

Wajar saja kalau Anda merasa takut akan kematian, karena kita semua sadar tidak ada yang siap menghadapai kematian. Tapi apabila merasa takut akan kematian sampai berlebihan itu beda cerita, sampai mencoba segala cara agar terhindar dengan kematian. Dan bisa di pastikan semua  usahanya  itu akan menghasilkan nol besar karena menghindari kematian adalah hal yang mustahil. Satu-satunya cara adalah dengan menerima kematian agar bisa lepas dari rasa takut akan kematian.

Berikut adalah tips saat Anda merasa takut akan kematian.

1. Gunakan rasa takut akan kematian sebagai motivasi untuk memperpanjang hidup Anda dengan mempraktikkan kebiasaan sehat.

Latihan. Makan sehat. Cukup tidur. hubungan yang baik. Berada di alam. istirahat. Flossing. Semua kebiasaan sehat ini berkontribusi pada kehidupan yang lebih lama, lebih sehat, dan juga lebih bahagia, menurut badan penelitian yang terus meningkat.

Selain itu, kebiasaan sehat meningkatkan kemungkinan bahwa Anda akan menghindari kerusakan terburuk akibat penuaan dan bahkan mempertahankan langkah Anda sampai akhir. Miliki tujuan untuk membuat “rentang kesehatan” Anda selama umur Anda!

2. Menjadi lebih tua dan menjadi kurang takut.

Psikolog memberi tahu kita bahwa kontak yang terlalu lama dengan sesuatu—bahkan gagasan tentang kematian—membantu kita beradaptasi dengannya. Ibu seorang teman begini, jika Anda memiliki gajah di ruang tamu Anda, Anda akhirnya akan terbiasa. Untuk mengurangi rasa takut akan kematian, bertambahnya usia yang yang akan membantumu.

3. Tetap ingat tujuan Anda.

Psikolog Sonja Lyubomirsky, menulis dalam The Myths of Happiness, mengutip penelitian yang mendukung gagasan bahwa hidup dengan tujuan adalah cara terbaik untuk mengatasi takut akan kematian.

Lyubomirsky menyarankan proses sederhana ini untuk melakukan apa yang paling penting: “…Ambil setidaknya satu langkah setiap minggu ke arah yang membantu Anda mencapai tujuan dalam hidup Anda dan mengamankan warisan Anda.”

4. Ekspresikan kreativitas Anda.

Mengekspresikan siapa diri Anda melalui aktivitas kreatif adalah salah satu cara terbaik untuk merasa hidup, serta menciptakan warisan bagi orang lain. Dan dengan “kreativitas”, saya tidak bermaksud hanya ekspresi artistik.

Apa pun yang Anda buat—termasuk tembikar, album foto, surat, buku, video, blog, seni kain, lukisan, atau catatan pencapaian profesional lainnya—dapat menjadi kenang-kenangan berharga bagi anak dan cucu Anda.

Takut akan Kematian dalam Islam

Umur kita telah ditulis untuk kita. Itu ditetapkan bahkan sebelum kita lahir. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an.

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan”

(QS. Al Anbiya: 35)

Dan seperti saya katakana di awal, kematian tidak bisa kita hindari. Sepeti yang tertulis dalam Al-Qur’an.

“Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendati pun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh.”

(QS. An-Nisa: 78).

Tafsir: Makna yang dimaksud ialah setiap orang pasti akan mati, tiada sesuatu pun yang dapat menyelamatkan dia dari kematian, baik dia ikut dalam berjihad ataupun tidak ikut berjihad.

Namun, Allah menutupi dari kita kapan tepatnya kita akan mati karena kebijaksanaan-Nya yang tak terbatas. Jika kita tahu kapan kita akan mati, mungkin kita akan menjadi malas dalam berjuang untuk akhirat.

Sumber: Psychologytoday

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.