Milenial Bebas Finansial

oleh -82 views
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kebebasan finansial adalah sebuah tujuan setiap orang di mana nantinya kita tidak perlu lagi khawatir dengan kondisi keuangan kita di masa depan.(Robi)

Generasi Milenial saat ini adalah salah satu generasi paling produktif di tahun 2022. Oleh karena itu penting bagi para kaum milenial untuk membuat perencanaan keuangan agar mereka tidak mengalami kesulitan ekonomi di masa yang akan datang.

buat kamu para kaum milenial yuk simak cara mengatur keuangan supaya uang gajian kamu enggak cuman numpang lewat doang dan bukan sekedar di tabung aja.

Uang yang Masuk Harus Lebih Besar dari Uang yang Keluar

Artinya adalah kamu harus memperbesar pendapatan dan menekan pengeluaran seminimal mungkin. Salah satu caranya adalah menambah pemasukan dengan cara mencari kerja sampingan dan melakukan gaya hidup sederhana.

Usahakan Jangan Mengutang dan Jangan Mengutangi

Kita semua pasti tahu bahwa salah satu faktor rusaknya pertemanan adalah karena utang. Usahakan jangan meminjam uang dari orang lain dan jangan memberikan utang kepada orang lain.

“Tapi nanti kalo temen gue lagi butuh duit, masa gue gak pinjemin, sih”

Hal ini balik lagi kepada pribadi masing-masing. Kamu boleh memberikan pinjaman jika kamu mau. Namun, kalau ada teman lama yang tiba-tiba ngechat dan pinjam uang, sebaiknya tanyakan jasa apa yang mereka bisa lakukan untuk membantu pekerjaan kamu, sehingga kamu bisa membantu mereka tanpa meminta uangnya kembali.

Fokus Menambah Penghasilan

Banyak sekali pembicara keuangan di seminar atau artikel yang membahas cara mengatur keuangan adalah dengan cara berhemat, hemat, dan hemat. Akan tetapi jarang yang membahas bagaimana pentingnya menambah penghasilan. Kamu sudah bisa memperkecil pengeluaran, sekarang bagaimana caranya kamu menambah pemasukan.

Perlu diingat, gaji tidak sama dengan penghasilan. Penghasilan adalah jumlah pemasukan utama dan sampingan. Misalnya, kamu memiliki gaji 3 juta dan menyisihkan 1 juta per bulan untuk ditabung. Artinya, jika kamu ingin membeli ponsel seharga 5 juta dalam 3 bulan, kamu hanya memiliki 3 juta dari gaji dan harus mencari 2 juta lainnya. Dari mana? Dari pekerjaan sampingan yang bisa kamu lakukan.

Usahakan Membeli Barang yang Berkualitas

Ketika kamu membeli barang, pastikan barang tersebut bisa kamu pakai dalam jangka waktu yang lama. Beli barang yang tidak mudah rusak dan mudah dirawat sehingga menghindari adanya pengeluaran untuk memperbaiki atau mengganti.

Sisihkan Uang Untuk Investasi

Kamu pasti sering melihat orang yang bilang bahwa investasi membuat kamu menjadi kaya. Seperti itulah yang mereka bilang untuk menghasut kamu untuk investasi trading crypto, judi atau slot. Kalau memang beruntung, kamu bisa menjadi kaya. Tetapi jika tidak beruntung, percayalah kamu akan kehilangan uang yang kamu setor.

Lalu, investasi apa yang aman? Banyak sekali jenis investasi, misalnya adalah investasi emas, saham, reksadana, deposito, dan lain sebagainya. Investasi tersebut memerlukan ilmu yang harus dipelajari agar dapat untung dan jangan asal berinvestasi tanpa pengetahuan yang cukup.

baca juga : 5 Tipe Kepribadian Pemimpin dalam Dunia Bisnis

Cari Pasangan yang Sehat Terhadap Uang

Ini adalah salah satu yang paling penting. Sebuah studi menyebutkan 80 persen pertengkaran pasangan adalah karena uang. Usahakan kekasih kamu itu mengerti tentang cara mengelola uang. Jangan sampai kamu sudah mengelola uang dengan baik menjadi berantakan gara-gara kekasih kamu tidak mengerti cara mengaturnya.

Jadi, usahakan terbuka mengenai kondisi keuangan kamu. Bicarakan dengan kekasihmu agar menghindari konflik yang mungkin akan terjadi.

Nah, itu dia beberapa tips mengatur keuangan secara sehat. Hal yang paling penting adalah jangan mengikuti gengsi. Misalnya, kamu melihat story teman kamu sedang berfoto di toilet menggunakan ponsel aipong, lalu kamu menjadi ingin membelinya juga. Percayalah kawan, mengikuti arus gengsi itu gak ada habisnya, loh.

SC : Facebook

One thought on “Milenial Bebas Finansial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.