Negative Self Talk! Berhenti Berpikir Anda Tidak Bisa

oleh -94 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Negative self talk adalah sesuatu yang sebagian besar dari kita alami dari waktu ke waktu, dan itu datang dalam berbagai bentuk. Ini juga menciptakan stres yang signifikan, tidak hanya bagi kita tetapi juga bagi orang-orang di sekitar kita jika kita tidak berhati-hati. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang negative self talk dan efeknya pada tubuh Anda, pikiran Anda, hidup Anda. (herdi)

Apa itu Negative self talk?

Renungan kritik batin Anda mungkin terdengar sangat mirip dengan orang tua atau teman yang kritis dari masa lalu Anda. Itu bisa mengikuti jalan distorsi kognitif yang khas: bencana, menyalahkan, dan sejenisnya.

Pada dasarnya, negative self talk adalah setiap dialog batin yang Anda miliki dengan diri sendiri yang mungkin membatasi kemampuan Anda untuk percaya pada diri sendiri dan kemampuan Anda sendiri, dan untuk mencapai potensi Anda. Pikiran apa pun yang mengurangi kemampuan Anda untuk membuat perubahan positif dalam hidup Anda atau kepercayaan diri Anda untuk melakukannya.

Dampaknya

Pembicaraan diri yang negatif dapat menyebabkan penurunan kemampuan untuk melihat peluang, serta penurunan kecenderungan untuk memanfaatkan peluang ini. Ini berarti bahwa rasa stres yang meningkat berasal dari persepsi dan perubahan perilaku yang berasal darinya. Konsekuensi lain dari negative self talk dapat mencakup:

  • Pemikiran terbatas: Semakin Anda mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda tidak dapat melakukan sesuatu, semakin Anda mempercayainya.
  • Perfeksionisme: Anda mulai benar-benar percaya bahwa “hebat” tidak sebaik “sempurna”, dan kesempurnaan itu sebenarnya dapat dicapai.
  • Perasaan depresi: Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa negative self talk dapat menyebabkan eksaserbasi perasaan depresi. Jika dibiarkan, ini bisa sangat merusak.

Bagaimana Meminimalkan Negatif Self-Talk

Ada banyak cara untuk mengurangi self-talk dalam kehidupan sehari-hari Anda. Strategi yang berbeda bekerja lebih baik untuk orang yang berbeda, jadi cobalah beberapa dan lihat mana yang paling efektif untuk Anda.

Tangkap Kritik Anda

Belajarlah untuk memperhatikan ketika Anda sedang mengkritik diri sendiri sehingga Anda dapat mulai berhenti. Misalnya, perhatikan ketika Anda mengatakan sesuatu kepada diri sendiri yang tidak akan Anda katakan kepada teman baik atau seorang anak.

Ingatlah Bahwa Pikiran dan Perasaan Tidak Selalu Nyata

Memikirkan hal-hal negatif tentang diri Anda mungkin terasa seperti pengamatan yang cerdik, tetapi pikiran dan perasaan Anda tentang diri Anda tidak dapat dianggap sebagai informasi yang akurat.

Beri Kritik Batin Anda Nama Panggilan

Jika kritikus batin Anda memiliki keterampilan yang meragukan ini juga, Anda dapat mengatakan pada diri sendiri, “Debbie Downer melakukan pekerjaannya lagi.”

Ketika Anda menganggap kritik batin Anda sebagai kekuatan di luar diri Anda dan bahkan memberinya julukan konyol, tidak hanya lebih mudah untuk menyadari bahwa Anda tidak harus setuju.

Tahan Negatif Anda

Jika Anda mendapati diri Anda terlibat dalam negative self talk, ada baiknya untuk menahan kerusakan yang dapat disebabkan oleh suara hati yang kritis dengan hanya membiarkannya mengkritik hal-hal tertentu dalam hidup Anda, atau menjadi negatif hanya selama satu jam dalam sehari.

Ubah Negatif menjadi Netralitas

Saat terlibat dalam negative self talk, Anda mungkin dapat menangkap diri sendiri, tetapi terkadang sulit untuk memaksa diri Anda untuk menghentikan rangkaian pemikiran di jalurnya. Seringkali jauh lebih mudah untuk mengubah intensitas bahasa Anda.

Ganti Yang Buruk Dengan Yang Baik

Ini adalah salah satu rute terbaik untuk memerangi negative self talk: Ganti dengan sesuatu yang lebih baik. Ambillah pikiran negatif dan ubahlah menjadi sesuatu yang membesarkan hati yang juga akurat.

Sumber: verywellmind

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.