Penghijauan Tatang Untuk Cirebon

oleh -64 views
Source : IG @cirebonjeh

ZETIZEN RADAR CIREBON – Penghijauan Tatang mungkin adalah sebuah kata atau sebuah program yang terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Penghijaun Tatang adalah program rancangan dari Wali kota Cirebon yang bernama Tatang Suwardi. (Robi)

Cirebon di bawah komando Tatang Suwardi mengadakan perapihan diri, di adakannya penghijauan dan Pelebaran jalan untuk kota Cirebon. Pada masa itu kota Cirebon adalah kota yang tidak terlalu padat penduduk seperti saat ini yang hanya berjumlah 177:980 jiwa. Walaupun demikian kota Cirebon masih terbilang memiliki suhu yang cukup panas seperti beberapa kota berpantai lainnya di Indonesia.

Melihat masalah tersebut akhirnya Walikota Cirebon berinisiatif untuk melakukan penghijauan untuk kota Cirebon karena pada saat itu kota Cirebon haus akan hijau dan penghijauan. “saya ingin menyejukan kota Cirebon, tapi belum berhasil 100%,” ujar Tatang Suwardi Selaku walikota Cirebon.

Perkembangan Penghijauan Tatang

Keseriusan walikota Cirebon dalam membangun kota Cirebon lebih hijau bukanlah ucapan belaka. Bahkan walikota Cirebon pada saat itu sampai mengundang Ir. Idris Saleh, direktur Kebun Raya Bogor khusus untuk membuat rencana pertamanan kota. Namun sayangnya program tersebut tidak berjalan lancara seperti yang telah Ir. Idris Saleh rencanakan.

Suhu Panas di kota Cirebon membuat banyak tumbuhan yang ditanam di kota Cirebon mati karena seleksi alam yang begitu ekstrim dari seluruh total tumbuh-tumbuhan yang ditanam hanya 40% yang berhasil tumbuh. Walaupun program yang di harapkan agar Cirebon menjadi sejuk tidak berhasil 100% namun bukan berarti Cirebon gagal merapihkan diri.

Dalam 6 tahun teratur, kota Cirebon  berhasil mencatat jumlah perubahan seperti peremajaan Grand Hotel, Peningkatan pasar balong yang bertingkat dan megah. Dan perluasan bagian bawah pasar kanoman. Selama masa itu kesejahtaraan warga kota mendapatkan perhatian yang begitu tinggi. Ada 137 rukun kampun yang masih-masing punya koperasi serba usaha yang di bina lansung oleh walikota cirebon dengan modal awal 2 juta rupiah.

Munculnya Bank Pasar

Pada tahun 1968 bank pasar pertama kali mendapatkan hadiah sejumlah 1 juta rupiah dari pemerintah kota, yang terus berkembang hingga dapat melayani sampai 4000 nasabah dengan peredaran uang simpan-pinjam sampai 60 juta pertahun.

Itulah beberapa perkembangan kota Cirebon di tahun 70-80an. Perkembangan yang bisa dinilai cukup berhasil, bahkan sampai saat ini warga Cirebon masih dapat merasakan hasil dari program tersebut. Gimana sobat Zetizen masih penasaran dengan perkembangan kota Cirebon di masa lalu? Nantikan terus artikel menarik lainnya hanya di Zetizen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *