Penyakit Yang Sering Timbul Di Musim Pancaroba

oleh -26 views
Photo by cottonbro from Pexels

ZETIZEN RADAR CIREBON – Penyakit pada saat ini sedang banyak menjangkiti banyak orang terutama pada orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah. (Robi)

Khususnya pada saat pancaroba ada beberapa penyakit yang seringkali masyarakat Indonesia khususnya sering alami ketika musim pancaroba. Musim pancaroba adalah musim peralihan dari musim hujan ke musim panas ataupun sebaliknya. Peralihan musim yang terjadi mengakibatkan terjadinya keadaan cuaca yang tidak menentu menyebabkan tubuh harus terus beradaptasi dengan keadaan cuaca.

perubahan cuaca yang ekstrem menyebabkan daya tahan tubuh melemah. Berikut beberapa penyakit yang sering timbul pada saat musim pancaroba.

Sakit Kepala

Saat musim pancaroba, turunnya tekanan udara, kenaikan tajam kelembapan udara, atau turunnya suhu udara secara tiba-tiba dapat memicu terjadinya sakit kepala, terutama migrain. Selain itu, cuaca dingin yang ekstrem atau sinar matahari yang terlalu panas juga dapat memicu ketidakstabilan komponen kimiawi dalam otak sehingga memicu sakit kepala. Cuaca yang terlalu dingin juga dapat membuat pembuluh darah menyempit sehingga menghambat suplai darah yang menuju ke otak.

Batuk Pilek

Penyakit lain yang sangat umum muncul di musim pancaroba adalah batuk pilek. Salah satu virus yang perkembangbiakannya semakin bertambah di musim ini adalah virus influenza dan rhinovirus.

Asma

Penyakit selanjutnya yang banyak dikeluhkan muncul di musim pancaroba adalah kambuhnya penyakit asma. Serangan asma terjadi karena saluran udara mengalami peradangan. Ketika suhu sekitar rendah, udara dingin yang masuk ke saluran udara juga menjadi lebih dingin.

Nyeri Sendi

Meskipun belum dapat dibuktikan, penurunan tekanan udara dicurigai dapat menyebabkan nyeri sendi. Anda dapat membayangkan jaringan yang berada di sekitar persendian Anda seperti balon. Tekanan udara yang normal akan menahan balon tersebut sehingga tidak mengembang.

Demam Berdarah

Demam berdarah adalah penyakit infeksi yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes. Penyakit ini juga tergolong rentan muncul di musim pancaroba. Saat memasuki musim hujan, suhu udara yang turun menyebabkan lingkungan menjadi lebih lembap. Genangan air pun terbentuk di mana-mana akibat hujan.

Source : hellosehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.