Perbedaan Merajut dengan Menyulam

oleh -167 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Hingga saat ini ternyata masih banyak orang yang tidak tahu perbedaan merajut dengan menyulam. Padahal jelas, merajut dan menyulam adalah dua hal yang sangat berbeda. (stna)

Secara sederhana, merajut dapat diartikan sebagai proses membentuk suatu produk baru dari bahan dasar benang, misalnya berupa sweater, kaos kaki, syal, dan tas. Sedangkan menyulam adalah teknik menggambar di atas kain menggunakan benang dan jarum sulam, mirip seperti melukis.

Merajut bertujuan menghasilkan produk baru bernilai pakai. Sementara itu, menyulam bertujuan menambah keindahan kain dengan aneka motif dan warna.

Baca juga: Tips Cepat Mahir Merajut

Merajut

Merajut adalah metode membuat kain, pakaian atau perlengkapan busana dari benang rajut. Berbeda dengan menyulam, merajut hanya menggunakan sehelai benang. Sebaris tusukan yang sudah selesai dipegang di salah satu jarum rajut sampai dimulainya tusukan yang baru.

Merajut dapat di lakukan dengan tangan ataupun mesin. Ada berbagai jenis gaya dan teknik merajut. Teknik dasar dalam merajut adalah tusuk atas dan tusuk bawah. Tusuk atas di lakukan dengan cara mengaitkan benang dari arah depan, sementara tusuk bawah adalah mengait benang dari arah belakang. Hasil rajutan memiliki pola seperti huruf v yang bersambungan.

Menyulam

Menyulam adalah kegiatan teknik hias yang di lakukan dengan metode menusuk agar pola atau desain tertentu bisa terbentuk secara sempurna. Teknik tusuk atau teknik menyulam ini sebenarnya hampir sama dengan teknik border. Yang menjadi perbedaan adalah teknik tertentu akan menghasilkan pola yang berbeda juga.

Maka dari itu, kombinasi pola sulaman bisa digunakan untuk menghasilkan desain yang luar biasa. Belajar sulaman tangan itu sebenarnya merupakan kegiatan yang menenangkan, di tambah lagi ini adalah cara mudah untuk menciptakan seni dengan kombinasi perangkat yang sederhana. 

Baca juga: Merajut, Hobi Baru di Masa Pandemi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *