Prosopagnosia! Tidak Mampu Mengenali Wajah Orang

oleh -45 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Buta wajah, atau prosopagnosia, adalah gangguan otak. Ini ditandai dengan ketidakmampuan untuk mengenali atau membedakan wajah. Orang dengan kebutaan wajah mungkin kesulitan untuk melihat perbedaan wajah orang asing. Orang lain bahkan mungkin kesulitan mengenali wajah-wajah yang dikenalnya. Diperkirakan mempengaruhi sekitar 2 persen dari populasi umum. (herdi)

Orang dengan prosopagnosia minor mungkin kesulitan membedakan atau mengidentifikasi wajah orang asing atau orang yang tidak mereka kenal dengan baik. Mereka yang mengalami kebutaan wajah sedang hingga parah mungkin kesulitan mengenali wajah orang yang sering mereka lihat, termasuk anggota keluarga dan teman dekat. Pada wajah yang sangat parah, penderita buta wajah mungkin tidak mengenali wajah mereka sendiri. Hal ini dapat menyebabkan kecemasan sosial atau depresi.

Jika Anda menderita prosopagnosia, Anda tidak akan sering melupakan beberapa wajah; itu akan menjadi masalah yang konsisten dan berulang yang tidak hilang.

Apa penyebab prosopagnosia?

Prosopagnosia di duga di sebabkan oleh kelainan, gangguan, atau kerusakan lipatan di otak yang di sebut fusiform gyrus kanan. Area di otak ini memainkan peran penting dalam mengoordinasikan sistem saraf yang memengaruhi memori dan persepsi wajah.

Prosopagnosia dapat di sebabkan oleh stroke, cedera pada otak, atau beberapa penyakit neurodegeneratif.

Dalam beberapa kasus, orang terlahir dengan kebutaan wajah sebagai kelainan bawaan. Dalam kasus ini, tampaknya ada hubungan genetik, seperti yang terjadi dalam keluarga.

Kebutaan wajah tidak selalu merupakan gejala standar autisme, tetapi tampaknya lebih umum pada mereka dengan autisme daripada pada populasi umum. Di teorikan bahwa kebutaan wajah mungkin menjadi bagian dari apa yang terkadang mengganggu perkembangan sosial orang dengan autisme.

Penting untuk di catat bahwa kebutaan wajah tidak di sebabkan oleh gangguan penglihatan, ketidakmampuan belajar, atau kehilangan memori. Ini adalah masalah khusus dengan mengenali wajah sebagai lawan dari masalah memori karena gagal mengingat orang tersebut.

Mengatasi kebutaan wajah

Kebutaan wajah dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk menjalin hubungan pribadi dan profesional. Hal ini dapat menyebabkan kecemasan sosial atau depresi. Mempelajari cara mengidentifikasi orang dengan cara yang tidak bergantung pada kemampuan mengenali wajah mereka secara langsung dapat membantu.

Jika Anda mengalami kecemasan sosial atau depresi karena buta wajah, konsultasikan dengan terapis. Mereka dapat membantu Anda mengembangkan teknik lain untuk:

  • lebih baik terhubung dengan orang-orang
  • membangun hubungan interpersonal yang lebih kuat
  • kelola kecemasan sosial atau gejala depresi Anda

Sumber: healthline

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.