Sejarah Gunting, Sudahkah Kamu Tahu?

oleh -138 views
hot.liputan6.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Siapa yang tidak tahu gunting? Tentu semua orang pernah melihat gunting dan merasakan manfaatnya. Alat ini biasa di gunakan untuk memotong kertas, benang, kain, rambut, makanan, kawat, atau benda apapun yang ingin kamu potong. Bahan yang di gunakan untuk membuat gunting pun beragam, ada yang terbuat dari baja, besi, stainless, dan sebagainya. Tak hanya bahannya saja yang beragam, bentuk dan warna alat ini pun sangat bervariasi. (stna)

Tapi tahukah kamu siapa penemu gunting pertama kali? Kapan gunting pertama kali di temukan? Banyak orang beranggapan bahwa gunting pertama kali di temukan oleh Leonardo da Vinci. Nyatanya gunting sudah ada sejak masa hidupnya selama berabad-abad. Berikut sejarah gunting yang telah kami rangkum:

Sejarah Gunting Kuno                                            

Orang Mesir kuno menggunakan versi gunting sejak 1500 SM. Gunting adalah sepotong logam, biasanya perunggu, di bentuk menjadi dua bilah yang di kendalikan oleh strip logam. Strip itu membuat bilahnya terpisah sampai terjepit. Setiap bilah adalah gunting. Secara kolektif, bilahnya adalah gunting, atau begitulah rumor yang mengatakannya. Melalui perdagangan dan petualangan, perangkat itu akhirnya menyebar ke luar Mesir hingga ke belahan dunia lain.

Bangsa Romawi mengadaptasi desain Mesir pada tahun 100 M, menciptakan gunting berporos atau pisau silang yang lebih sesuai dengan yang kita miliki saat ini. Bangsa Romawi juga menggunakan perunggu, tetapi terkadang mereka membuat gunting dari besi juga. Gunting Romawi memiliki dua bilah yang meluncur melewati satu sama lain. Poros ditempatkan di antara ujung dan gagang untuk menciptakan efek pemotongan antara dua bilah saat diterapkan ke berbagai properti. Gunting versi Mesir dan Romawi harus diasah secara teratur.

Sejarah Gunting di Abad ke-18

Meskipun penemu gunting yang sebenarnya sulit untuk diidentifikasi, Robert Hinchliffe, dari Sheffield, Inggris, harus diakui sebagai bapak gunting modern. Dia adalah orang pertama yang menggunakan baja untuk membuat dan memproduksinya secara massal pada tahun 1761 – lebih dari 200 tahun setelah kematian da Vinci.

Gunting merah muda pertama kali ditemukan dan dipatenkan pada tahun 1893 oleh Louise Austin dari Whatcom of Washington. “Untuk memfasilitasi pengelupasan dan penskalaan serta sebagai peningkatan nyata atas alat dan alat bantu pengereman biasa.”

Berikut adalah beberapa penyebutan gunting dalam publikasi cetak selama bertahun-tahun, serta sedikit cerita rakyat:

Dari Emar, Ibukota Astata, pada abad ke-14 SM Oleh Jean-Claude Margueron

“Selain keramik, yang kadang-kadang dikumpulkan dalam jumlah besar, rumah-rumah tersebut memproduksi benda-benda dari batu dan logam. benda-benda tersebut menggambarkan kebutuhan sehari-hari dan kegiatan pedagang kota. Seperti filter bir, wadah, kepala panah dan lembing, timbangan baju besi, jarum dan gunting, paku panjang, dan berbagai jenis batu asah, alu, berbagai perkakas dan cincin batu. “

Dari Kisah Gunting oleh J.Wiss & Sons, 1948

“Gunting perunggu Mesir dari Abad Ketiga SM, sebuah objek seni yang unik. Menunjukkan pengaruh Yunani meskipun dengan ciri dekorasi khas budaya Nil. Gunting tersebut menggambarkan tingkat keahlian yang tinggi yang berkembang pada periode setelah penaklukan Alexander atas Mesir. Laki-laki dekoratif dan sosok wanita, yang saling melengkapi pada setiap bilahnya, dibentuk dari potongan logam padat dengan warna berbeda yang bertatahkan gunting perunggu. “

“Sir Flinders Petrie menganggap pengembangan gunting setek sampai ke Abad Pertama. Pada Abad Kelima, juru tulis Isidore dari Seville menggambarkan gunting atau gunting bersilang dengan poros tengah sebagai alat tukang cukur dan penjahit.”

Cerita Rakyat dan Takhayul

Lebih dari satu calon ibu telah meletakkan gunting di bawah bantalnya pada malam hari di suatu tempat menjelang akhir bulan kesembilan kehamilannya. Takhayul mengatakan bahwa ini akan “memutus tali” dengan bayinya dan segera melahirkan.

Dan inilah kisah penting lainnya: Jangan serahkan gunting itu kepada sahabatmu. Letakkan di permukaan apa pun yang tersedia dan biarkan temanmu yang mengambilnya. Jika tidak, kamu berisiko memutuskan hubunganmu.

Beberapa orang mengatakan bahwa gunting yang mendekam di laci penampung semuanya dapat membantu mengusir roh jahat dari rumahmu. Gantung mereka dengan satu pegangan di dekat pintu sehingga membentuk salib.

Demikianlah sejarah gunting yang jarang diketahui orang.

Baca Juga: Alat dan Bahan untuk Merajut 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.