Tahukah Kamu Sejarah Sisir?

oleh -104 views
id.wikipedia.org

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sisir merupakan alat yang sering dijumpai di kehidupan sehari-hari. Sebelum beraktifitas, tentu kita menyisir rambut kita agar tidak kusut dan terlihat rapi. Dengan penampilan yang rapi, kita pun jadi lebih nyaman dan semangat untuk beraktifitas. (stna)

Jenis sisir di masa sekarang sangatlah beragam. Walaupun sama sama sisir, setiap jenis sisir memiliki fungsi yang berbeda-beda, sesuai dengan jenis rambutmu. Ada sisir yang cocok di gunakan untuk rambut tebal, tipis dan ikal. 

Dengan beragamnya jenis sisir di masa sekarang, mungkin pernah terlintas di pikiranmu bagaimana penampakan sisir di masa lalu? Kapan sisir pertama kali ditemukan? Berikut telah kami rangkum sejarah sisir yang jarang diketahui orang:

Sejarah Sisir di Persia

Sisir sudah dikenal sejak 5500 SM dan di temukan arkeolog di pemukiman 5000 tahun lalu di Persia. Oleh karenanya, sisir termasuk benda tertua yang dapat di temukan oleh manusia. Hal itu di perkuat dengan di temukannya sisir tua berbahan emas peninggalan bangsa Scythian pada 400 SM.

Sisir Sebagai Aksesoris Rambut

Baik dulu maupun sekarang, sisir umumnya di gunakan untuk menata rambut agar kusut dan menjaga kebersihan rambut dari parasit. Tetapi di Cina, sisir (shubi) juga di manfaatkan sebagai aksesoris rambut dan menunjukkan status sosial seseorang, baik oleh laki-laki maupun perempuan.

Sejarah Sisir di Amerika

Sebelum seperti sekarang, sisir pada mulanya berbahan dasar batu, gading gajah, tempurung kura-kura, atau kayu. Menukil sejarah sisir di Amerika, sisir rambut telah direkonstruksi oleh Charles Goodyear menjadi berbahan karet. Pada tahun 1843, penemuannya terkait vulkanisasi membuat karet menjadi material yang tidak mudah hancur. Sehingga sisir penemuan Goodyear awet dan kuat di gunakan.

Sisir Berbahan Plastik

Sayangnya, Goodyear meninggal pada 1860 dan meninggalkan pasar sisir yang sedang berkembang. Selang delapan tahun kemudian, dua bersaudara Isaiah dan John W. Hyatt menemukan bahan plastik bernama seluloid. Seluloid ini merupakan plastik berbahan nitroselulosa yang di lembutkan menggunakan kapur barus dan pertama kali di gunakan sebagai pengganti gading.

Sejak itulah penggunaan sisir dari gading beralih menjadi berbahan seluloid. Sehingga pada tahun 1878, Hyatt di anugerahi hak paten atas pembuatan sisir dari bahan tersebut.

Bahan seluloid yang mudah di buat dan di bentuk, serta minim risiko dari kehancuran menjadikan sisir berbahan plastik cepat menemukan celah di pasar. Tak heran apabila sampai sekarang, dominasi sisir konsisten berbahan dasar plastik.

Baca Juga: Sejarah Gunting, Sudahkah Kamu Tahu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.