Self Concept! Definisi dan Manfaat yang Kita Terima

oleh -186 views
self concept
seorang wanita yang sedang melihat pantulan dirinya dari kaca

ZETIZEN RADAR CIREBON – Self Concept adalah gambaran yang kita miliki tentang diri kita sendiri. Citra ini berkembang dalam beberapa cara, termasuk melalui interaksi kita dengan orang-orang penting dalam hidup kita. (herdi)

Apa itu Self Concept?

Self Concept adalah bagaimana kita memkamung perilaku, kemampuan, dan karakteristik unik kita. Misalnya, keyakinan seperti “Saya adalah teman baik” atau “Saya adalah orang yang baik” adalah bagian darinya secara keseluruhan.

Persepsi diri kita penting karena mempengaruhi motivasi, sikap, dan perilaku kita. Itu juga memengaruhi perasaan kita tentang orang yang kita pikirkan, termasuk apakah kita kompeten atau apakah kita memiliki harga diri.

Tiga Bagian Self Concept Rogers

Psikolog humanis Carl Rogers percaya bahwasannya terdiri dari tiga bagian yang berbeda, yaitu sebagai berikut:

  • Ideal Self: Ideal self adalah orang yang Kamu inginkan. Atau bisa di bilang itu adalah wujud ideal tentang seseorang yang ingin kamu capai.
  • Self image: Hal ini mengacu pada bagaimana Kamu melihat diri Kamu pada saat ini. Atribut seperti karakteristik fisik, ciri kepribadian, dan peran sosial semuanya memengaruhi citra diri Kamu.
  • Self esteem: Seberapa besar Kamu menyukai, menerima, dan menghargai diri sendiri semuanya berkontribusi pada Self Concept Kamu dalam bentuk harga diri.

Baca Juga: Self Validation! 5 Tips untuk Lebih Menerima Diri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.