Si Kutu Laut Penghuni Lautan Dalam

oleh -197 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Si kutu laut penghuni lautan dalam. Tahukah kamu tatkala membahas soal predator yang hidup di laut, kecenderungan paling umum pastinya kamu membayangkan paus pembunuh dan hiu sebagai pelaku utamanya. (ree)

Ada banyak hewan yang hidup di dasar laut yang terasa asing bagi kita di darat.  Padahal, di kedalaman laut sekitar 2 kilometer bahkan bisa lebih dalam lagi. Banyak makhluk laut tak terduga yang ternyata sama ganasnya dengan hiu pembunuh dan paus. Bahkan, mereka punya cara lebih mengerikan dalam menyantap suatu mangsa.

Baca juga: Mengenal Hiu Pemotong Kue, Aneh Tapi Nyata

Kutu laut raksasa yang memiliki nama ilmiah Bathynomous Giganteus merupakan satu di antara makhluk laut dalam. Bathynomous Giganteus adalah spesies krustasea akuatik dari ordo isopoda. Melansir National Geographic, isopoda raksasa ini ditemukan pada perairan dingin dan dalam di Samudera Atlantik dan Pasifik.

Hewan ini merupakan krustasea karnivora yang memakan bangkai. Hal ini di sebabkan sedikitnya makanan yang tersedia di laut dalam. Mereka memakan apapun yang jatuh dari bagian laut yang lebih dangkal, seperti bangkai paus, ikan, dan cumi-cumi.

Umumnya, ukuran panjang makhluk dengan nama ilmiah Bathynomus giganteus berada di kisaran 19 hingga 36 sentimeter. Akan tetapi, pernah ditemukan isopod dengan ukuran sepanjang 76,2 sentimeter. Penyebab perbedaan ukuran masih jadi misteri. Peneliti menduga bahwa ukuran yang besar merupakan cara adaptasi hewan dalam menghadapi tekanan laut dalam yang sangat besar.

Baca Lainnya:

Yuk! Kenalan Sama Meerkat, Hewan Menggemaskan Penghuni Afrika

Ikan Kupu-Kupu Penghuni Terumbu Karang

Rusa Tikus, Rusa Yang Sering Di Fitnah Sebagai Pencuri Timun Ternyata Bukan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.