Tanaman Sirih Gading yang Bisa Menjernihkan Udara

oleh -67 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tanaman sirih gading yang bisa menjernihkan udara. Tanaman dengan pertumbuhan yang cepat sering di incar oleh mereka para pecinta tanaman hias yang ingin menggunakan tanaman hias ini sebagai penambah daya tarik dekorasi rumah. Ada juga tanaman hias yang saat ini tak kalah populer, yaitu sirih gading. (ree)

Tanaman ini mulai banyak di lirik orang-orang, khususnya oleh mereka para pecinta tanaman. Selain karena memiliki bentuk yang cantik, manfaat sirih gading juga menjadi salah satu alasan mengapa tanaman ini banyak di buru orang.

Baca juga: Hiu Karpet Berbintik, Hewan Endemik Indonesia

Tanaman sirih gading memiliki nama ilmiah Epipremnum aureum. Tanaman hias ini dikenal dengan keindahan daunnya yang melimpah.

Sirih gading adalah tumbuhan merambat semi-epifit yang biasa di tanam orang sebagai penghias pekarangan atau ruangan. Tanaman hias ini dapat dengan mudah di kenali dari warna daunnya yang belang warna kuning cerah hingga kuning pucat, tumbuh merambat pada tanaman atau batang pohon dengan ukuran daun besar sehingga menutupi batang pohon yang di rambatinya.

Batang tanaman sirih gading sangat ramping, tidak kaku, dan biasanya dapat bertumbuh hingga mencapai 20 meter. Jika di tanam di pekarangan rumah, tanaman ini bisa merambat mengelilingi pohon lain atau menjalar di dinding rumah. Di habitat aslinya, sirih gading berdaun lebar biasanya merambat di pohon. Tanaman hias ini juga banyak mendapatkan sinar matahari tidak langsung sehingga daun jadi lebih lebar karena banyaknya nutrisi dari matahari.

Adapun beberapa manfaat dari tanaman yang satu ini lho.

Manfaat Sirih Gading

Tanaman sirih gading terkenal akan manfaatnya yang mampu menjernihkan udara di dalam rumah dengan cara menyerap semua racun berbahaya yang ada di atmosfer.

Layaknya tanaman lain, sirih gading yang ditempatkan di dalam kamar kost juga bisa memberikan pasokan oksigen untuk area di sekelilingnya. Apalagi, bila kamu ngekos dengan perokok aktif, menaruh tanaman ini sangat dianjurkan agar kualitas dan pasokan oksigen tetap terjaga.

Jika kamu meletakkan tanaman sirih gading, baik itu di pekarangan ataupun di dalam rumah, kamu pasti akan mendapatkan asupan oksigen dan udara yang segar setiap hari. Nah, berkat kemampuannya yang dapat mengurangi racun dan menambah oksigen, tentunya sistem pernapasan tubuhmu pun akan jadi lebih baik dan sehat.

Tidak hanya memberikan pasokan oksigen yang banyak. Tanaman ini tentu akan memberikan efek tenang sekaligus segar pada siapa saja yang berada di dekatnya. Tidak hanya menenangkan, tanaman ini juga dapat meredakan stres dan meningkatkan produktivitas kerja.

Masih berkaitan dengan manfaat tanaman sirih gading sebelumnya, memiliki tanaman hias ini turut menjaga kelembapan udara ruangan.

Kemudian, berikut ini beberapa jenis tanaman sirih gading yang menarik untuk diketahui, yaitu:

Jenis-jenis Sirih Gading

Tanaman sirih gading tidak hanya satu, melainkan ada beberapa jenisnya. Setidaknya, ada empat jenis tanaman hias sirih gading yang paling populer.

  • Sirih gading emas atau yang disebut juga golden pothos. Sesuai namanya, jenis ini memiliki daun berwarna hijau yang bercorak warna keemasan. Jenis ini merupakan tanaman sirih gading yang paling sering di jumpai karena lebih mudah bertumbuh.
  • Sirih gading jessenia atau jessenia pothos yang warna daunnya tetap hijau, tapi agak kekuningan, meskipun semburatnya tidak banyak seperti jenis yang lainnya.
  • Sirih gading neon atau neon pothos. Jenis neon ini sangat mudah dibedakan karena daunnya berwarna hijau cerah yang hampir menyerupai kuning sepenuhnya.
  • Sirih gading putih. Kalau daun pada jenis-jenis yang sebelumnya di dominasi oleh warna hijau, sirih gading putih justru lebih di dominasi oleh warna putih itu sendiri dengan sedikit corak hijau.

Baca Lainnya: Sukun, Buah Dengan Serat Tinggi Kaya Akan Manfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.