Tips Belajar Fisika Agar Lebih Mudah Dipahami

oleh -213 views
TIps Belajar Fisika
Tips belajar Fisika agar lebih mudah dipahami

ZETIZEN RADAR CIREBON – Apa yang terlintas di pikiran kalian ketika mendengar kata Fisika? Mungkin yang terlintas salah satu dari kata berikut: susah, menyebalkan, memusingkan, nggak ngerti, atau kata lain yang mengesankan rasa tidak suka. (stna)

Rasanya hampir semua pelajar pernah merasakan ketidaksukaan pada Fisika. Entah dengan alasan pembahasan gurunya yang kurang jelas, materinya yang terlalu sulit dipahami, teori-teori yang di anggap tidak penting, sulit menerapkan rumus pada soal, atau terlalu banyaknya rumus dan simbol yang memusingkan.

Sebelum kamu semakin terseret dengan rasa tidak sukamu dan terus menerus mempelajari Fisika dengan terpaksa, berikut tips belajar Fisika agar lebih mudah dipahami:

1. Ubah Sudut Pandangmu Tentang Fisika

Bila sebelumnya yang kamu pikirkan tentang Fisika hanyalah kesukaran dan kerumitan, maka yang harus kamu lakukan pertama kali adalah mengubah sudut pandangmu.

Mengubah sudut pandang tidaklah mudah, oleh karenanya kamu bisa memulainya dengan hal yang menyenangkan dan berkesan, misalnya membaca artikel tentang bagaimana Fisika dapat memudahkan kehidupan kita, bagaimana penemuan-penemuan Fisika terpikirkan oleh para Fisikawan, atau betapa kerennya para Fisikawan.

Setelah mencoba hal tersebut, setidaknya kamu mulai tertarik, penasaran, dan merasa terinspirasi bukan? Nah, kalau begitu sekarang kamu harus mulai menanamkan dalam diri bahwa Fisika itu keren, tidak sulit, bisa di pahami, menginspirasi, dan harus di taklukkan.

2. Pahami Dulu Konsepnya

Agar bisa memahami materi yang di ajarkan, kamu harus betul-betul paham konsep ilmu fisikanya. Dengan memahami konsep dari awal, belajar jadi lebih mudah dan lebih cepat di cerna oleh otak. Bila hal itu di lewatkan, kamu akan kesulitan untuk menerapkan rumus pada soal. Tentunya kamu juga harus memahami singkatan atau simbol yang ada pada rumus, jangan sampai tertukar atau salah mengartikan.

3. Belajar Dari Materi yang Paling Mudah

Tips belajar Fisika berikutnya yaitu, mulai belajar dari materi yang paling mudah atau setidaknya yang paling di kuasai. Hal ini merupakan kegiatan dasar yang biasa di lakukan ketika belajar, tidak hanya Fisika saja namun semua mata pelajaran. Belajar dari materi yang mudah akan membuat otak mengingat kembali materi yang pernah di pelajari sebelumnya. 

Uniknya dengan belajar dari hal yang mudah akan menjadi parameter bahwa kamu benar-benar menguasai materi tersebut. Selain itu, materi tersebut biasanya akan berkaitan dengan materi selanjutnya yang akan di pelajari, maka tidak heran jika cara ini menjadi tips belajar Fisika efektif khususnya bagi para pemula.

4. Berlatih Mengerjakan Soal

Setelah mempelajari materi yang mudah, mulailah mengerjakan soal-soal agar semakin paham. Sama seperti sebelumnya, kerjakan latihan soal dari yang termudah dulu sebagai pemanasan baru beralih ke soal yang lebih sulit.

Perbanyak bank soalmu atau surf the Internet untuk sesuatu yang berguna, misalnya mengikuti test online Fisika. Semakin sering mengerjakan variasi soal, semakin kamu paham dan setidaknya kamu bisa menguasai materi yang telah di terangkan oleh guru di sekolah. 

5. Membuat Catatan

Tips belajar fisika yang tak kalah penting yaitu mencatat setiap materi yang tidak di mengerti. Kegiatan ini sangat penting, karena dengan mencatat kamu bisa mengetahui bagian atau materi apa yang menurutmu sulit untuk dipahami. Terlebih hasil tulisan sendiri akan mudah di pahami karena di tulis sesuai dengan kebutuhan dan gayamu.

Pastikan mencatat materi yang telah di terangkan dengan rapi dan terkonsep, sebab dengan begitu tulisan lebih enak di baca dan juga di pelajari. Kamu bisa membuatnya tampak menarik dengan menambahkan garis atau warna yang beragam dari spidol atau pulpen. Dengan begitu, semangat untuk belajar akan semakin tinggi. 

Baca juga: Tips Ambis Belajar, Bangun Lebih Pagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *