3 Tips Membaca Buku walaupun Gak suka Baca

oleh -53 views
Photo by lilartsy: https://www.pexels.com/photo/opened-book-3278765/

ZETIZEN RADAR CIREBON – Membaca adalah sebuah kegiatan yang sangat bermanfaat buat kehidupan manusia. Walaupun sangat bermanfaat namun nyatanya tak sedikit orang yang tidak suka membaca sebuah buku loh, khususnya orang Indonesia.(Robi)

Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001%. Artinya, dari 1,000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca! Kecil banget kan ratenya minat baca Indonesia. Menumbuhkan minat baca memang bukanlah hal yang mudah, namun manfaat yang diberikannya sangat luas. Bahkan Mba Najwa Shihab atau yang kerap di panggil mba Nana pernah berkata “Meningkatkan minat baca memang tak gampang, banyak kendala, banyak menghadang. Budaya menonton telah merajalela, sosial media lebih menggoda ketimbang pustaka,” ujar Najwa Shihab. Nah terus gimana donk ningkatin minat baca jika kita gak suka baca? Yuk simak 3 tips berikut ini!

Luangkan 10-15 Menit untuk Membaca

Hal yang menghambat kita untuk membaca adalah karena kita tidak pernah meluangkan waktu kita untuk membaca. Terkadang kita memiliki niat untuk membaca buku, namun bukannya meluangkan kita justru menunggu waktu luang kita untuk dapat baca sebuah buku. Itulah yang menyebabkan kita tidak akan pernah memiliki waktu untuk membaca, karena kita hanya menunggu waktu bukan menciptakan waktu kita untuk membaca.

Dengan kita meluangkan waktu 10-15 menit setiap harinya maka pasti kita bisa baca buku walaupun keseharian kita diisi dengan penuh kesibukan. Gak usah maksain untuk baca berpuluh-puluh halaman karena waktu kita terbatas yang penting kita bisa konsisten untuk baca buku walaupun hanya mendapat 5-8 halaman aja.

Pilih Topik yang Kamu Suka

Bayangin ketika kamu sedang ingin makan sesuatu, namun kamu malah dihidangkan makanan yang kamu yang gak suka! Walaupun kamu mungkin tetap memakannya mungkin kamu tidak akan menghabiskannya atau mungkin membuangnya.

Nah sama dengan mebaca buku, agar kamu bisa suka baca kamu harus mulai mencari topik bacaan yang kamu suka seperti self-improvement atau mungkin tentang keuangan. Dengan menyukai topik bacaan yang kamu minati akan membuat kamu lebih nyaman dan enjoy dalam membaca sebuah buku.

Baca Ringkasan Buku

Nah tips terakhir adalah dengan mencari terlebih dahulu ringkasan buku yang hendak kamu baca. Dengan membaca ringkasan buku terlebih dahulu kamu bisa menilai apakah buku itu cocok untuk kamu atau tidak. Karena kalau kita bisa menemukan ringkasannya biasanya kita akan semakin interest untuk baca buku karena kita merasa buku itu penting untuk kita baca.

Nah gimana mau coba tips barusan? Semoga artikel di atas dapat membantu kalian untuk meningkatan minat baca kalian. Nantikan artikel menarik lainnya hanya di Zetizen.

One thought on “3 Tips Membaca Buku walaupun Gak suka Baca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *