Tips Menabung Sambil Melunasi Hutang

oleh -56 views
jeda.id

ZETIZEN RADAR CIREBON – Banyak orang mudah tergiur untuk berhutang karena yang dia bayangkan ke depan adalah betapa senangnya dia bila kebutuhan bahkan keinginan yang selama ini belum terwujud, bisa dia wujudkan dengan berhutang. Padahal dibalik kesenangan tersebut, ada beban berat yang harus dipikul di kemudian hari. (stna)

Penghasilan yang semula cukup untuk kebutuhan sebulan, terpaksa berkurang setiap bulannya untuk membayar cicilan hutang. Kini, yang dirasakan bukan lagi kesenangan, tapi rasa gelisah, rasa tidak aman, dan kecemasan.

Beda halnya dengan menabung, menabung dilakukan dengan menyisihkan uang seadanya setelah semua kebutuhan tercukupi, menabung dilakukan dengan sukarela tanpa paksaan, sedangkan berhutang adalah keterpaksaan menyisihkan uang sesuai jumlah cicilan hutang yang harus di bayar.

Bila sudah terlanjur berhutang, menabung pun jadi sulit dilakukan, dengan alasan penghasilan sudah habis untuk kebutuhan sehari-hari juga untuk membayar cicilan. Padahal masih ada cara yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa tetap menabung sembari melunasi hutang-hutang.

Baca juga: Tips Mengatur Finansial Untuk Generasi Milenial!

Seorang ahli keuangan mengatakan sebenarnya bila kita memiliki kemauan segala sesuatu pasti dapat kita dilakukan. Namun perjuangan yang lebih keras menanti di depan. Melissa Leong seorang ahli keuangan sekaligus penulis buku Happy Go Money menuliskan bahwa menabung sambil membayar cicilan hutang sangat memungkinkan untuk dilakukan.

Berikut beberapa tips yang di sarankan oleh Melissa Leong untuk kamu yang saat ini tengah mencari cara menabung sembari melunasi hutang:

1. Mulai Cek Kesehatan Arus Kasmu

Untuk dapat menabung dan melunasi hutang secara bersamaan, kamu harus mengecek kesehatan keuanganmu. Jika kamu telah mengetahui kesehatan arus kas atau pendapatanmu, maka kamu harus melakukan skala prioritas budgeting.

Kamu harus mengklasifikasikan keuangan berdasarkan kebutuhan untuk hidup, membayar hutang dan juga menabung. Leong menyarankan untuk menekan hal-hal yang hanya berbau keinginan untuk sementara waktu. Hindari aktifitas “menikmati hidup” terlebih dahulu demi kehidupan yang jauh lebih baik.

2. Buat Daftar Hutang

Setelah kamu mengecek pola keuanganmu setiap bulannya. Ada baiknya kamu membuat daftar hutang. Setelah hutang di klasifikasikan dan di buat daftarnya, kemudian jumlahkan secara total hutang keseluruhan. Gabungkan semua jumlah hutang dalam satu tagihan, sehingga pembayaran minimumnya di hitung berdasarkan seluruh hutangmu. Gunakan persentase bunga yang paling tinggi. Kalau sudah ketemu jumlah pembayaran minimum, itulah jumlah uang yang harus kamu bayar per bulan, hingga hutangmu lunas nanti.

3. Cari Pendapatan Tambahan

Salah satu cara paling efektif untuk dapat menabung dan juga melunasi hutang adalah dengan mencari uang tambahan. Menambah keran pemasukan dapat meringankan bebanmu dalam melunasi kewajiban (hutang) dan memungkinkanmu untuk menabung.

Itulah beberapa tips menabung sambil melunasi hutang, semoga membantu!

Sumber: Tips Menabung Sambil Berhutang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.