Tradisi Menyambut Ramadan Di Berbagai Negara (1)

oleh -84 views
source: joyofthelordministries.org

ZETIZEN RADAR CIREBON- Saat ini kita telah memasuki pertengahan Bulan Sya’ban dalam kalender hijriyyah. Maknanya, tinggal hitungan hari hingga bulan Ramadan tiba. Untuk menyambut datangnya bulan mulia, muslimin di berbagai negara memiliki tradisi dan budaya yang unik lagi beragam. Berikut di antara tradisi muslimin saat menyambut bulan Ramadan. (IND)

Lampion Fanous di Mesir

Saat Ramadhan menjelang, setiap sudut negeri piramida dihiasi lampion indah. Aneka warna, lampion tersebut digantung di sepanjang jalan di berbagai kota di Mesir. Tradisi menyambut Ramadhan ini dikenal dengan sebutan Fanous.
Konon kabarnya, tradisi Fanous telah dilakukan sejak tahun 969 silam. Awalnya, lampion indah menjadi perayaan menyambut kedatangan khalifah ke ibu kota, Kairo. Di tahun berikutnya, masyarakat kemudian melakukannya untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

Jenis lampion yang digunakan pun bukan sembarang. Lampion cantik yang digunakan merupakan khas tradisional Mesir yang tak akan dijumpai di negara lain. Berkat tradisi Mesir ini, Ramadhan pun kemudian diidentikkan dengan lampion, selain beduk dan masjid.

Tembak Meriam di Arab Saudi

Di kota-kota Arab Saudi, suara meriam menjadi pertanda masuknya bulan Ramadhan. Suaranya menggelegar hingga seluruh warga mengetahui bahwasanya telah tiba waktu untuk berpuasa. Meski saat ini komunikasi telah canggih, tradisi meriam ini tetap dilestarikan untuk mengabarkan datangnya bulan yang penuh berkah.

Meski yang digunakan adalah meriam asli, namun isinya kosong dan hanya memanfaatkan bubuk hitam. Meriam ini ditembakkan dalam dua kali. Pertama saat matahari terbit sebagai penanda mulainya puasa, lalu ledakkan kedua saat matahari terbenam atau ketika waktu berbuka. Uniknya, tradisi ini telah berlangsung ratusan tahun silam. Tepatnya, sejak tahun 859 Hijriyyah.

Sumber: muslimahdaily

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.