Tupai Terbang Hewan Pengerat yang Menggemaskan

oleh -205 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tupai terbang hewan pengerat yang menggemaskan. Memelihara hewan seperti anjing atau kucing mungkin sudah biasa, bagaimana dengan pelihara tupai terbang? Mungkin hewan itu masih jarang di temukan sebagai hewan peliharaan, tetapi ada beberapa orang yang berminat memeliharanya. (ree)

Sebagian orang menyebut tupai terbang sebagai sugar glider padahal keduanya memiliki perbedaan pada beberapa hal.

Baca juga: Kecoa Madagaskar Serangga yang Dapat Dipelihara

Mamalia kecil yang imut ini memang sedang banyak di gandrungi karena bentuknya yang menggemaskan. Selain itu, merawatnya sebenarnya juga tidak begitu sulit asalkan kamu telah memahaminya dari awal dan mengikutinya dengan benar.

Tupai terbang adalah hewan nokturnal yang aktif saat malam. Tupai terbang lebih sering melayang di malam hari karena hewan itu tidak mahir melarikan diri dari burung pemangsa yang berburu di siang hari.

Di Indonesia, tupai terbang tersebar di hampir semua pulau-pulau besar seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Jawa. Hylopetes Winstoni (Sumatran Flying Squirrel) adalah tupai terbang asli Indonesia yang mendiami hutan Pulau Sumatera.

Makanan tupai terbang di alam liar antara lain buah-buahan, kacang-kacangan, jamur, telur burung, dan serangga (ngengat). Sumber makanan utama tupai terbang adalah truffle, jamur langka yang merupakan jamur termahal di dunia. Saat pasokan makanan rendah, tupai terbang akan menyimpan lumut dan biji-bijian sebagai cadangan makanan.

Perbedaan Sugar Glider dan Tupai Terbang

Sugar glider menjadi hewan yang sering dikira adalah tupai terbang. Padahal, keduanya jelas-jelas berbeda. Adapun Perbedaan di antara sugar glider dan tupai terbang adalah sugar glider merupakan hewan marsupial, sementara tupai terbang adalah hewan pengerat.

Bagian atas kepala sugar glider memiliki garis dan corak yang khas, sementara tupai terbang terlihat polos tanpa corak. Ekor sugar glider juga lebih tebal, berbeda dengan ekor tupai terbang yang pipih, tipis dan lembut.

Hal lain yang dapat diamati antara sugar glider dengan tupai terbang adalah dari segi wajahnya, karena wajah tupai terbang lebih mirip bajing kelapa/tupai pada umumnya, sedangkan wajah sugar glider lebih mirip wajah kuskus.

One thought on “Tupai Terbang Hewan Pengerat yang Menggemaskan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.