Asal-Usul Tradisi Mudik di Indonesia

oleh -71 views
Photo by <a href="https://unsplash.com/@luzhkovsky?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditCopyText">Anton Luzhkovsky</a> on <a href="https://unsplash.com/s/photos/jalan?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditCopyText">Unsplash</a>

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mudik merupakan ajang dan momen untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara yang jarang berjumpa. Pulang Kampungselalu membawa momen yang begitu manis untuk kita nikmati setiap saatnya, karena itu hanya terjadi setiap beberapa bulan sekali. (Robi)

Ternyata tradisi Mudik tidak hanya terjadi di Indonesia loh ,rupanya ada beberapa negara yang memiliki tradisi ini. Penasaran dengan tradisi pulang kampung di berbagai tempat? Yuk simak artikel ini sampe akhir.

Sejarah Pulang Kampung

Tahukah teman-teman, sebenarnya mudik sudah ada sebelum zaman Majapahit, lo.

Saat itu, moda transportasi yang ada cukup sulit, tidak praktis, dan memakan waktu lama. Oleh karena itu, hanya sedikit orang yang rutin pulang kampung ketika Lebaran.

Baca Juga : 4 Nasihat Nabi Muhammad SAW untuk Sobat Beriman

Selain itu, sebelum Bangsa Eropa datang ke Nusantara, hanya sedikit orang Indonesia yang merantau.

Hanya beberapa suku seperti Bugis, Makassar, atau padang yang saat itu kental dengan budaya Merantau. Suku itulah yang sering melakukan perjalanan pulang kampung saat Lebaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *