Berikut Alasan Kenapa Waktu Terasa Semakin Cepat

oleh -158 views
waktu semakin cepat

3. Semakin terbiasa kita menjalani rutinitas, waktu akan terasa seperti melayang begitu saja

Jadi jika kita semakin terbiasa dengan pengalaman hidup sehari-hari, waktu akan terasa berjalan dengan semakin cepat, tingkat kebiasaannya akan bertambah seiring dengan usia.

Mekanisme biokimia dibalik hipotesis ini memberi tahu kita bahwa pelepasan dopamin neurotransmitter seiring dengan rangsangan pembelajaran hal baru akan membantu kita belajar mengukur lamanya waktu.

Setelah melewati usia 20 tahun dan terus berlanjut ke usia yang semakin tua, level dopamin akan menurun yang membuat waktu serasa berjalan semakin cepat. Tapi tidak ada satu pun di antara hipotesis ini nampak tepat dengan perhitungan matematis atau fisika tentang percepatan waktu.

4. Periode usia berdasarkan lama “rasa” tempuhnya tidak dikelompokkan berdasarkan dekade, karena usia 5-10 tahun dengan 40-80 tahun memiliki “rasa” cepat yang sama

Karena kuantitas dari yang dapat kita ukur dapat bervariasi ke derajat yang jauh lebih besar, kita membutuhkan skala pengukuran dengan range yang lebih lebar untuk melihat lebih banyak penjelasan yang masuk akal.

Umumnya kita berpikir bahwa usia itu di bagi dalam dekade: usia belasan, usia 20-an, usia 30-an dan seterusnya. Nampaknya terdapat bobot yang sama dalam tiap periode dekade. Padahal jika di lihat dari skala logaritmik, kita akan merasakan periode waktu yang berbeda walau jumlah tahunnya sama.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Manajemen Waktu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.