Mencegah Anemia di Bulan Puasa

oleh -40 views
Photo by cottonbro: https://www.pexels.com/photo/man-in-white-crew-neck-t-shirt-4114714/

ZETIZEN RADAR CIREBON – Anemia merupakan suatu kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah. Sel darah merah berperan untuk mengangkut oksigen dan menyalurkannya ke seluruh tubuh. (Robi)

 Orang yang mengalami anemia terlihat dari wajahnya yang pucat, lemas dan mudah lelah, tidak fokus, mudah pusing hingga kehilangan keseimbangan saat berdiri (limbung). Anemia juga sangat rentan dialami oleh perempuan yang sedang menstruasi dan pada ibu hamil.

Mencegah Anemia Saat Berpuasa

Saat berpuasa, pola jam makan berubah menjadi terbatas dari biasanya yaitu 3x dalam sehari menjadi hanya 2x sehari (pada saat subuh dan menjelang malam). Sedangkan, aktivitas harian berjalan seperti biasanya. Lalu, bagaimana cara menjaga tubuh dari gejala anemia?

baca juga : Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh

Gejala anemia dapat kita cegah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi (Zn). Zat besi diperlukan tubuh untuk menghasilkan sel darah merah yang nantinya akan membantu mengangkut oksigen dan menyebarkannya ke seluruh tubuh.

Berikut adalah beberapa makanan yang tinggi akan zat besi:

1. Daging merah

2. Sayuran hijau (terutama bayam)

3. Kacang-kacangan

4. Suplemen penambah darah

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah merekomendasikan asupan suplemen zat besi dengan dosis 30–60 mg untuk orang dewasa. Mengonsumsi suplemen zat besi merupakan cara yang efisien untuk membantu mencegah kurang darah dan menambah jumlah hemoglobin. Jika ingin mengetahui berapa kadar Hb dalam darah, bisa dengan melakukan tes hemoglobin di rumah sakit, klinik, atau puskemas terdekat.

semoga artikel barusan bermanfaat dan sampe ketemu lagi di artikel menarik lainnya hanya di zetizen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *