Ciri-Ciri Orang Emosian Yang Perlu Sobat Tahu!

oleh -29 views
Ciri-Ciri-Orang-Emosian-Yang-Perlu-Sobat-Tahu!
Orang Emosian memang terlihat sangat menyebalkan jika kita berinteraksi, mungkin beberapa ciri-ciri terntentu bisa membantu sobat.

ZETIZEN RADAR CIREBON – Setiap mendengar kata “emosi” biasanya yang langsung muncul dibenak kepala sobat pasti orang yang gampang marah dan yang sedang marah di saat itu juga. Memang itu semuanya, tetapi emosi tidak hanya tentang meluapkan amarah saja. Orang yang sedih, takut, senang, dan kaget juga bisa kita sebut dengan emosian. Di ilmu psikologi, salah satunya dari teorinya milik Paul Ekman, manusia mempunyai 6 emosi dasar yaitu; marah, sedih, takut, senang, jijik dan kaget. Terkait dengan hal tersebut berikut ciri-ciri orang emosian pada umumnya yang bersumber dari akun twitter @knowledgejpg. (tezz)

Orang Emosian memiliki perasaan yang cenderung sensitif

Mungkin bagi sebagian orang-orang yang akan suatu hal yang membuat mereka menampakkan sedih, marah, kaget dan yang sesuai di atas akan merespon dengan cepat dan membuat mereka sensitif seketika. Bisa dibilang bahasa umumnya ialah baperan dan hal seperti ini pun bisa memicu orang yang sensitif seketika bisa agresif seperti mengeluarkan bahasa kasar.

Baca juga: Malas Bangun dari Kasur? Mungkin Kamu Clinomania

Orang Emosian cenderung susah mengendalikan diri saat emosi

Di saat seseorang sedang emosian, dalam diri kita maupun orang lain akan sulit untuk mengendalikannya. Terkadang di waktu emosian kita akan sering berbicara asal-asalan tanpa memikirkannya terlebih dahulu, asal bertidak semaunya, dan asal mengambil sebuah keputusan, terlebih jika keputusan tersebut sangat fatal atau keputusan bersama. Dan hal seperti itu bisa merugikan diri sendiri bahkan orang sekitar kita.

Lanjutan artikel ini ada di halaman berikutnya …

Baca juga artikel lainnya:

Belum bisa membedakan emosinya sendiri

Terkadaang di saat emosian, suka tidak tahu sebenarnya emosi seseorang maupun diri kita sendiri itu mengapa bisa terjadi, atau merasa bingung dengan perasaan sendiri yang sebenarnya itu sedang merasakan apa di saat itu juga.

Baca juga: Fanatik Jadi Bahan Mengubah Ideologi Seseorang

Tips untuk mengatasi seseorang yang sedang emosian

  1. Belajar membedakan emosi dan perasaan yang dirasa setiap harinya.
  2. Belajar jujur dengan perasaan sendiri.
  3. Hindari memendam perasaan ataupun masalah yang ada.
  4. Cobalah untuk mencari cara positif untuk meluapkan dan mengontrol perasaan kita.

Baca juga artikel lainnya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *