Fakta Menarik Internet di Indonesia

oleh -60 views
Photo by <a href="https://unsplash.com/@johnschno?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditCopyText">John Schnobrich</a> on <a href="https://unsplash.com/s/photos/network?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditCopyText">Unsplash</a>

ZETIZEN RADAR CIREBON – Internet pada saat ini adalah salah satu hal yang sulit lepas dari hidup manusia saat ini. Kemajuan zaman dan perkembangan teknologi membuat kita mau tidak mau harus mulai melek terhadap teknologi khususnya tentang internet. (Robi)

Tarif Termurah ke 2 di Dunia

Tahukah kamu bahwasannya tarif internet di Indonesia rupanya termurah kedua di dunia loh. Tarif perinternettan Indonesia terbilang cukup murah jika dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia karena adanya persaingan yang ketat antar operator seluler. Bahkan harganya termurah kedua setelah India.

“Dari sisi tarifnya contohnya untuk layanan internet rata-rata di Indonesia cukup rendah. Untuk paket 1 GB itu Rp 6 ribu. Dan dibandingkan negara lain kita nomor 2 setelah India,” kata Direktur Telekomunikasi Ditjen PPI Kementerian Kominfo, Aju Widya Sari, dikutip dari kanal Youtube Selular TV, Senin (4/4/2022).

Dalam pemaparan yang disampaikan Aju, Indonesia menempati posisi ke 12 harga internet termurah dari 230 negara di dunia. Selain itu harga internet dalam negeri menjadi yang paling murah di kawasan Asia Tenggara.

Sementara itu dalam pemaparan juga terlihat jika harga rata-rata 1GB Indonesia adalah US$0,42 (Rp 6 ribu). Dengan harga termurahnya US$0,17 (Rp 2.400an) per giga.

Dari laporan Kominfo tahun 2021, terlihat harga kuota kurang atau hingga 1GB berada di rentang Rp 5-7 ribu per GB. Kuota lebih dari 1GB hingga atau kurang dari 2GB adalah Rp 6-13 ribu.

Sementara kuota lebih 2GB hingga atau kurang dari 10GB antara Rp 4-11 ribu. Kuota lebih dari 10 GB adalah Rp 2-7 ribu.

Penyebab Internet Di indonesia Murah

Aju menjelaskan produk yang ditawarkan oleh operator seluler cukup banyak. Bulan ke bulannya bisa mencapai 1000an produk internet.

“Dan produk-produk ini menunjukkan betapa ketatnya persaingan di industri mobile broadband,” jelasnya.

Nah adanya kemudahan dan kemurahan internet yang ada memanglah patut untuk kita syukuri. Walaupun perinternettan kita saat ini tidak secepat luar negeri tapi dengan murahnya tarif internet setidaknya kita bisa tetap mengikuti kemajuan zaman sehingga kita tidak tertinggal informasi. Perinternettan di Indonesia memang tidak secepat perinternettan di luar negeri tapi tetap worth it kok.

Nah semoga dari artikel barusan bisa sedikit menambah wawasan sobat zetizen. Sekian dulu artikel kali ini, nantikan artikel betikutnya hanya di zetizen.

source : facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.